Thesis Published

STRATEGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL MASJID DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Masjid Jogokariyan, Desa Jogokariyan, Kecamatan Matirejon, Kota Yogyakarta, Provinsu Yogyakarta)

Rachman, Aisyah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kewirausahaan sosial masjid Jogokariyan dan strategi kewirausahaan sosial masjid Jogokariyan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data akan dianalisis menggunakan model analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah definisi kewirausahaan sosial masjid Jogokariyan adalah kewirausahaan sosial yang dibangun masjid Jogokariyan untuk menciptakan nilai-nilai sosial melalui kegiatan ekonomi yang inovatif. Sedangkan strategi kewirausahaan sosial masjid jogokariyan dalam meningkatkan kesejahteraan adalah pemenuhan kelima aspek dalam maqasid syariah melalui nilai-nilai sosial. Saran penelitian ini adalah optimalisasi aula sebagai kewirausahaan sosial masjid dalam menciptakan nilai sosial. Selain itu, strategi kewirausahaan social masjid Jogokariyan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat lebih ditingkatkan melalui pemenuhan seluruh aksioma dalam setiap aspek maqashid shariah. Kata kunci: Strategi, kewirauasahaan sosial, masjid, kesejahteraan masyarakat
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi dan Manajemen
Item ID589
Deposited04 Nov 2020 13:38
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

Export Citation