Khotimah, Teti Husnul (2007) TREN PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN POLITIK MOHAMMAD NASTIR. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Teti Husnul Khotimah - PAI - 2007)
Teti Husnul Khotimah - PAI - 2007.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (100MB) |
Abstract
Pendidikan bisa diartikan sebagai aktivitas politik. Merupakan kewajiban pendidikan mentransformasikan dan mengembangkan kebudayaan sosial dan peradaban manusia. Kebudayaan politik adalah salah satu aspek penting dalam kebudayaan sosial yangn dikembangkan melalui pendidikan untuk pembentukan generasi dan peradaban manusia. antara keduanya, baik pendidikan maupun politik tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Karena, apabila politik itu lepas dari nilai-nilai pendidikan maka akan mendatangkan akibat yang buruk bagi kehidupan manusia, begitu pula sebaliknya ketika pendidikan hanya diartikan sebagai sebuah kegiatan yang meniadakan konsep strategis dalam tujuannya untuk membentuk peradaban manusia. Dengan kata lain, sistem dan lembaga pendidikan adalah salah satu institusi terpenting dalam sosialisasi politik, terutama sejak anak didik memperoleh pendidikan sampai ia mencapai kedewasaan. Berangkat dari pemikiran tersebut penelitian ini mencoba untuk memaparkan seorang pemikir tokoh pendidikan sekaligus juga adalah seorang politikus yang sangat dikenal dalam sejarah bangsa indonesia yaitu Muhammad Natsir. Beliau adalah seorang ulama besar politikus terdepan yang berskala internasional.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 200 Agama L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatih Jawwad |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 14:15 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 14:15 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5906 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |