Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تنفيذ إستراتجية circ في مادة الإنشاء لترقية نتائج التعلم ونشاط الطلاب لصف الرابع أ بمعهد الأمانة الكونتوري تنجيرانج بنتان العام الدراسي ٢٠٢٤ - ٢٠٢٥ م

Dafasyah, Muhammad Aqil (2025) تنفيذ إستراتجية circ في مادة الإنشاء لترقية نتائج التعلم ونشاط الطلاب لصف الرابع أ بمعهد الأمانة الكونتوري تنجيرانج بنتان العام الدراسي ٢٠٢٤ - ٢٠٢٥ م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (COVER)
COVER.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (BAB 1)
BAB 1.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (BAB 5)
BAB 5.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (398kB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (742kB)
[img] FILE TEXT (BAB 2)
BAB 2.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] FILE TEXT (BAB 3)
BAB 3.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] FILE TEXT (BAB 4)
BAB 4.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERSAMA TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM PELAJARAN INSYA, UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 4 A DI PONDOK PESANTREN AL-AMANAH AL-GONTORY TAHUN PELAJARAN 2024-2025 M Muhammad Aqil Dafasyah 422021121076 Pondok pesantren Al-Amanah Al-Gontory merupakan lembaga pendidikan islam yang terletak di Tangerang Selatan Banten, dengan menggabungkan kurikulum madrasah dari kementrian agama dengan kurikulim pesantren dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Seperti hal nya dalam pembelajaran Insya yang di ajarkan di Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Pondok Pesantren al-Amanah Al-gontory juga menerapkan pembelajaran ini guna meningkatkan maharah lughowiyah pada santrinya. Meski demikian terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran dikelas dalam pembelajaran Insya. Seperti halnya yang peneliti temukan permasalahan pembelajaran pada siswa kelas 4 A TMI di pondok pesantren Al-Amanah Al-Gontory mengalami kesulitan yang sering kali menyebabkan rendahnya hasil belajar dan keaktifan santri dalam pembelajaran insya’ serta berdampak pada hasil belajar mereka yang kurang memuaskan. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Diperlukannya strategi pembelajaran efektif dan efeisen, seperti strategi pembelajaran Bersama tipe CIRC (cooperative integrated reading and composition). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi CIRC dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran insya’ di kelas 4 A TMI pondok pesantren al-amanah al-gontory tahun Pelajaran 2024-2025. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus untuk mengukur hasil belajar dan keaktifan siswa pada Pelajaran insya, dengan subjek 35 siswa serta objek penelitian ini peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Dengan setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) keaktifan belajar yang diperoleh siswa pada siklus pertama rata-rata mencapai 74% dan pada siklus kedua 87%. 2)Sedangkan hasil belajar pada siklus pertama 47% dan pada siklus kedua 71% siswa lulus. 3) bahwasanya penerapan strategi CIRC telah mencapai peningkatan kesemangatan dan hasil belajar pada Pelajaran insya’. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti memberikan saran: 1) penelitian ini dapat dijadikan refrensi dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif di pondok pesantren al-amanah al-gontory,Tangerang-selatan. 2) para guru di pondok pesantren al-amanah al-gontory,Tangerang-selatan diharapkan menerapkan strategi CIRC dengan menyesuaikan pembelajaran. 3) para peneliti di masa depan dapat melanjutkan penelitian ini sebagai refrensi dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk kemajuan dunia Pendidikan.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Additional Information: Skripsi : Muhammad Aqil Dafasyah NIM : 422021121076
Uncontrolled Keywords: مهارة الكتابة ،نتائج التعلم ،النشاط، الانشاء، الاستراتجية
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2021 muhammad aqil dafasyah
Date Deposited: 27 Feb 2025 15:03
Last Modified: 27 Feb 2025 15:03
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6050

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item