Rahmawati, Ana (2018) مشكلات تعلم مهارة الكلام لطالبات الفصل الأول التكثيفي ومحاولاتها بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام ّ وليات الفصول في حلكونتور للبنات الحرم الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي : ه1439-1438. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
Ana Rahmawati Fiks 1 .pdf Download (7MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 telah terkenal dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, terutama dalam penciptaaan miliu bahasa Arab dan bahasa Inggris serta penggunaan bahasa tersebut untuk alat komunikasi secara resmi. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, ini menjadikan pembiasaan untuk santriwati. Namun hal ini berbeda dengan santriwati kelas 1 Intensive, mereka merasa sulit dalam memahami percakapan bahasa Arab dan penggunaannya. Berdasarkan hal tersebut, dari situlah peneliti ingin mengetahui peran wali kelas dalam meningkatkan bahasa Arab dan penyelesaian masalah mereka dalam kemampuan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengungkapkan masalah-masalah belajar berbicara yang dihadapi oleh santriwati kelas satu Intensive Kulliyatu-l-Mu’allimat al-Islamiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 tahun ajaran 14381439-H. (2) untuk mengungkapkan upaya-upaya wali kelas dalam penyelesaian masalah-masalah belajar berbicara yang dihadapi oleh santriwati kelas satu Intensive Kulliyatu-l-Mu’allimat al-Islamiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 tahun ajaran 1438-1439 H. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Metode wawancara untuk menanyakan kepada santriwati kelas 1 Intensive dan wali kelas 1 Intensive. (2) Metode observasi untuk melihat kegiatan-kegiatan santriwati kelas 1 Intensive. (3) Metode dokumenter untuk mendapatkan data-data tentang gambaran Gontor Putri Kampus 1secara umum. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang mencakup tiga langkah dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Dari analisa yang dilakukan, ditemukan bahwa (1) masalah belajar kemampuan berbicara kelas 1 intensive dibagi menjadi dua macam, yaitu (a) masalah belajar kemampuan berbicara dari dalam diri santriwatiadalah kurangnya penguasaan kosakata Arab, tidak percaya diri dalam berbicara bahasa Arab, kurangnya penggunaan kaidah Nahwu dan Shorof, dan kurang mampu dalam menyusun kalimat. (b) masalah belajar kemampuan berbicara dari luar santriwati yaitu keadaan lingkungan tempat tinggal santriwati kurang kondusif. (2) upaya-upaya wali kelas dalam penyelesaian masalah belajar kemampuan berbicara dari dalam diri santriwati adalah (a) memotivasi agar selalu menggunakan kosakata baru dalam kesehariannya, memotivasi untuk menumbuhkan percaya diri dalam berbicara bahasa Arab, membetulkan lafadz yang salah, membetulkan percakapan dengan kaidah Nahwu dan Shorof, melatih dengan tulisan Arab, dan pemanggilan khusus santriwati untuk dimotivasi. (b) upaya-upaya wali kelas dalam penyelesaian masalah belajar kemampuan berbicara dari luar santriwati adalah membuat miliu bahasa yang kondusif dan mewajibkan berbicara dengan bahasa Arab. Pada akhirnya, penulis menyarankan kepada santriwati kelas 1 intensive untuk selalu mengintropeksi diri dan berusaha lebih banyak lagi dalam berbicara bahasa Arab, kepada wali kelas 1 intensive selalu memperhatikan santriwatinya khususnya dalam berbicara bahasa Arab, dan penelitian ini masih banyak kekurangan. Sehingga di harapkan kepada peneliti selanjutnya, agar meneliti sebaik mungkin dan dapat melengkapi kekurangan-kekurangan, serta dapat menulis lebih lengkap dan menyeluruh
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 14:23 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:56 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/614 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |