Thesis
Published
PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA KEMITRAAN (studi kasus pada Perusahaan Omar Smart Brain 2018)
Abstract
Etika bisnis Islam merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam
kegiatan bisnis. Etika bisnis akan menjadi tolak ukur baik dan buruk serta benar dan salah
yang dilakukan oleh para pelaku-pelaku bisnis menurut standar akhlak Islam. Memahami
Etika Bisnis Islam merupakan hal penting, sebab hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja
pekerjaan seorang dalam mengerjakan bisnisnya. Kinerja merupakan hasil kerja dari
seorang pekerja yang telah menjalani proses manajemen atau organisasi secara keseluruhan
dimana hasil kerja tersebut dapat ditunjukan buktinya secara konkrit dan dapat diukur.
Dengan demikian Etika Bisnis Islam dan kinerja merupakan satu kesatuan yang tidak bisa
dipisakan. Maka tujuan dalan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Etika Bisnis
Islam terhadap kinerja kemitraan perusahaan Omar Smart Brain dan seberapa besar tingkat
pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap kinerja kemitraan perusahaan Omar Smart Brain.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada
perusahaan Omar Smart Brain. Subjek penelitian ini adalah 50 orang agen kemitraan
Perusahaan Omar Smart Brain dengan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner.
Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data-data primer dan
skunder. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi
linear sederhana.
Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa variable Etika Bisnis Islam (X) memiliki
t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (2.656> 1,677) dan taraf signigikansi (Sig.) lebih
rendah dari 0,05 (0,01 < 0,05) dan Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar
0,110 atau 11%. Maka dapat dikatakan bahwa 11% merupakan tingkat pengaruh etika
binis Islam terhadap kinerja kemitraan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Variabel etika binis Islam (X) memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja kemitraan
perusahaan Omar Smart Brain (Y) dan tingkat pengaruh pada variabel etika binis Islam (X)
terhadap kinerja kemitraan (Y) yaitu sebesar 0,110 atau 11% dan sisanya 89% dipengaruhi
oleh variable-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam dan Kinerja Kemitraan
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi dan Manajemen
SubjectsH Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Item ID616
Deposited04 Nov 2020 14:26