Search for collections on UNIDA Gontor Repository

استراتيجية تسويق التأمين الشرعي دراسة حالة في منتجات الخدمة شركة محدودة فرودنتيال ليف أسورنس ماكسار عام ٢٠١٥)

Dhaniswara, Dinda Audina (2015) استراتيجية تسويق التأمين الشرعي دراسة حالة في منتجات الخدمة شركة محدودة فرودنتيال ليف أسورنس ماكسار عام ٢٠١٥). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (32.3.2.9794-Dhiana Prana Dipa-2015 - HES.pdf)
32.3.2.9794-Dhiana Prana Dipa-2015 - HES.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan bisnis di bidang asuransi menyebabkan para pelaku yang terlibat dalam bisnis ini terus berupaya menemukan suatu cara atau rangkaian kegiatan yang mendukung proses pemasaran yang tepat dalam hal penjualan jasa yang dihasilkan itu sendiri. Dan PT. Prudential Life Ass Assurance cabang Makassar telah berusaha. berusaha semaksimal mungkin untuk menghadapi persaingan dalam penjualan produk-produknya khususnya di produk asuransi syari'ah. PT. Prudential Life Assurance cabang Makassar dalam memasarkan produk syari'ahnya yang disebut PruSyari'ah bertujuan untuk saling tolong-menolong ketika ada salah satu nasabah yang terkena musibah. Hal ini pun didasarkan dengan perintah Allah SWT yang memerintahkan hamba-Nya sekalian untuk selalu tolong menolong satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang telah diterapkan oleh PT. Prudential Life Assurance cabang Makassar dalam memasarkan produk asuransi syaria'ahnya hingga menjadi pilihan masyarakat jika dibandingkan perusahaan asuransi lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan 2 metode, yaitu metode wawancara dan metode dokumentasi. Yaitu dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan asuransi syari'ah. Serta dilakukannya wawancara kepada manager pemasaran PT. Prudential Life Assurance cabang Makassar dan beberapa pemegang polis. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa PT. Prudential Life Assurance cabang Makassar mempunyai strategi yang baik dalam pemasaran produk asuransi syari'ahnya untuk menarik masyarakat. Hal ini dikarenakan PT. Prudential Life Assurance cabang Makassar telah menyiapkan agen-agen asuransi yang bermutu dan berkualitas yang telah dipersiapkan secara baik melalui sistem training dan motivasi ketika menyampaikan penjelasan kepada calon nasabah maupun dalam melayani pemegang-pemegang polis ketika dalam masalah atau menanyakan sesuatu tentang produk yang ia ambil. Juga pada ketegasan dan kejelasan mengenai pengalokasian dana investasi dan dana tabarru' Sehingga ketika ada claim misalnya, dana yang dibutuhkan akan cepat keluar. Selain itu, prinsip-prinsip yang melekat pada PruSyari'ah, misalnya: prinsip ta'awun, mudharabah, surplus sharing, dan adanya pengawasan oleh Dewan Pengawas Syari'ah. Sehingga bisa dipastikan bahwa dana yang dikelola oleh PT. Prudential Life Assurance cabang Makassar berada dalam perusahaan yang halal serta tidak memproduksi produk yang mengandung unsur haram. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada Manager Pemasaran PT. Prudential Life Assurance cabang Makassar untuk selalu meningkatkan strategi yang sudah diterapkan dan terus berupaya untuk menjaga kepercayaan masyarakat serta memperhatikan hal-hal yang dipandang belum maksimal dalam strategi pemasaran ini. Kemudian bagi masyarakat untuk benar-benar memahami manfaat dari produk yang akan dipilih dari perusahaan asuransi manapun, agar tidak terjadi kerugian pada masyarakat itu sendiri. Demikianlah penelitian ini dapat disimpulkan, namun penulis sadar bahwa penelitian ini masih sangat jauh dari kesempurnaan dan membutuhkan kajian lebih lanjut. Akhirnya penulis berharap semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pada pembaca umumnya. Amin.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: 2024 Bagus Mahdiyin
Date Deposited: 02 Mar 2025 02:14
Last Modified: 02 Mar 2025 02:14
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6182

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item