Search for collections on UNIDA Gontor Repository

مشكلات تعليم المطالعة وحلولها في الفصل الثانى الثانوى بمعهد الإسلام جوريسان فونوروكو العام الدراسي

Maulana, Arie (2015) مشكلات تعليم المطالعة وحلولها في الفصل الثانى الثانوى بمعهد الإسلام جوريسان فونوروكو العام الدراسي. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Arie Maulana - PBA - 2015)
Arie Maulana - PBA - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (102MB)

Abstract

Bahasa adalah suara manusia dan anggotanya aksen ruang bahasa dan tempat yang terbatas, memproduksi sejumlah orang, dan bagian-bagian tertentu, disepakati oleh kelompok tertentu, dan digunakan oleh anggotanya dalam berpikir dan berekspresi dan komunikasi di antara mereka sendiri, tumbuh pertukaran waktu, dan babasa Arab adalah sarana untuk mengajar dan belajar bahasa Arab dan budaya Islam dan apa yang ada di dalamn budaya mereka ke penutur asli dan lain-lain. Pondok Al Islam joresan Ponorogo merupakan pondok modern yang berdiri pada tanggal 12 muharram 1386 bertepatan dengan tanggal 2 mei 1966 M, sejak berdiri pondok ini mencoba untuk menggunakan bahasa arab dan inggris sebagai bahasa resmi, karena semua itu untuk membiasakan dan meningkatkan para santri untuk berbahasa resmi, dan untuk meningkatkan bahasa arab mereka maka pondok ini mencakupkan pelajaran- pelajaran bahasa arab seperti muthola'ah, nahwu, shorof, imla dan lain sebagainya, tetapi dalam pengajaran tersebut belum mendapat kan hasil yang memuaskan, karena pengajar meninggalkan sebagian dari cara pengajaran mutholaah dan para santri masih ke kurangan kosa kata dalam pengajaran mutbolaah, maka dari itu banyak dari santri yang kurang paham dalam pelajaran ini. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengungkap problematika dalam Pengajaran muthola'ah di kelas 2 tsanawiyah beserta penyelesaiannya di pondok Al Islam Joresan Ponorogo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, metode interview, dan metode written record. Analisis data yang di pakai mengacu. pada Miles dan Hubberman, yaitu: Reduksi data, display data, dan analisis data, serta kesimpulan dan verifikasi. Dari analisis yang di lakukan peneliti menemukan beberapa problematika dalam pengajaran muthola'ah, yang di bagi menjadi 2, yaitu (1) problematika dalam materi yang meliputi: a) materi dalam 2 semester sebanyak 13 bab, b) guru menyuruh murid untuk menulis kosa kata akan tetapi guru tidak menyuruh membuat kalimat dan tidak memeriksanya dengan teliti, c) ada sebagian guru yang kurang menguasai suasana belajar dalam kelas. (2) problematika dalam mengajr meliputi: a) sebagian guru menjelaskan materi lebih banyak memakai bahasa Indonesia dari pada bahasa arab. b) sebagian guru kurang menggunakan waktu degan baik/kurangnya waktu untuk menjelaskan semua materi sampai batas ujian yang di tentukan, hafalan materi, dan mengulangi materi. c) sebagian guru tidak membuka pelajaran dengan baik. d) sebagian guru tidak menutup pelajaran dengan baik. e) guru kurang memberikan evaluasi. f) sebagian guru tidak menggunakan media atau gambar alat bantu dalam mengajar. Penyelesaian dalam problematika tersebut yaiyu: (1) problematika dalam materi yang meliputi :a) menambah waktu tatap muka/guru menggunakan waktu pelajan yang sudah selesai. b) guru memberikan tugas kepada murid untuk mencari kosa kata yang sulit/tidak di mengerti dan menjelaskannya. c) guru menyuruh muridnya untuk menerangkan materi yang sudah di ajarkanny. (2) problematika dalam mengajar yang meliputi:a) guru di anjurkan menggunakan bahasa arab dalam menjelaskan materi. b) guru menambahkan waktu tatap muka dan tugas. c) guru memberikan nasehat dan menanyakan materi yang lalu dan mengaikan dengan materi baru, d) guru meminta sisiwa untuk berpendapat tentang materi yang telah di ajarkan atau memberi evaluasi berupa soal berbentuk lisan atau tulisan, e) guru hendaknya menggunakan media/alat bantu untuk memudahkan murid dalam memahami pelajaran. Dari penelitian sederhana ini, peneliti berharap akan ada peneliti selanjutnya secara lebih rinci dan lebih mendalam mengenai pembelajaran muthola'ah. Besar harapan agar dapat melengkapi keurangan yang ada saat in agar menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 02 Mar 2025 15:32
Last Modified: 02 Mar 2025 15:32
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6223

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item