Eviana, Arifa (2011) تأثير مهارة الكلام على كتابة إنشاء الطالبات الصف الثاني الخاص بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة بسامبيريجو مانتنجان نجاوى جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٣١ - ١٤٣٢ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Arifa Eviana - PBA - 2011)
Arifa Eviana - PBA - 2011.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (104MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 adalah pesantren putri yang terletak di Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang di ajarkan di Pondok Modern Darussalam Gontor kepada santriwati karena bahasa arab merupakan bahasa dasar Islam dan juga menjadi bahasa Al-Qur'an. Santriwati di wajibkan menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris menjadi bahasa sehari-hari, dan santriwati mendapatkan kosa kata bahasa dari kegiatan muhadatsah, yang mana dari kegiatan ini semua santriwati wajib menggunakan bahasa arab dan inggris. Dari kegiatan ini santriwati mampu untuk berbahasa arab. Insya merupakan salah satu pelajaran yang menguji kemampuan berbahasa santriwati yang bisa dilihat dari nahwu, shorf, serta tata bahasanya. Dan dengan adanya pelajaran insya itu mencerminkan kemampuan berbahasa santriwati. Pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berbicara terhadap penulisan Insya' santriwati kelas 2 khos Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 di Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur Tahun Ajaran: 1431-1432 Η Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya metode tes untuk memperoleh keterangan kemampuan berbahasa dan menulis Insya'santriwati kelas 2 khos KMI, metode dokumentasi untuk memperoleh data santriwati. Adapun teknik analisa yang dipakai adalah teknik analisa korelasi product moment, yang diperkuat dengan uji koefisien korelasi t. Populasi dalam penelitian adalah santriwati kelas 2 khos Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yang berjumlah 5 santriwati. Dan sampel yang digunakan dalah seluruh santriwati kelas 2 khos. Hasil penilitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang lemah antara kemampuan berbicara terhadap penulisan Insya'santriwati kelas 2 khos Kulliyatul Mu'alimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Tahun Ajaran: 1431-1432 H. Hal ini berdasarkan hasil r product moment(rxy)= 0,203 kemudian setelah dihubungkan dengan daftar significant level, ternyata nilai r terletak pada tingkat yang lemah yaitu antara 0,200-0,400. Dan hal ini yaitu dikuatkan pula dengan hasil uji koefisien karelasi t= 0,358 yang nilainya lebih kecil dari pada nilai pada daftar t dengan df 5 yaitu 2,571 berarti hipotesa nihil diterima. Berdasarkan atas hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada Direktur Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah dan staf pembantunya untuk memperhatikan pelaksanaan penulisan Insya'dan ditindak lanjuti oleh wali kelas dengan memberi banyak dorongan maupun dalam pengoreksian, dan kepada pembimbing santriwati luar negri untuk selalu memperhatikan bahasa yang dipakai oleh santriwati. Dan peneliti berharap kepada pembahas yang akan dating untuk melengkapi dan mendalami lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 410 - Linguistik > 410 Linguistik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Hibatullah Ramadhana |
Date Deposited: | 02 Mar 2025 15:31 |
Last Modified: | 02 Mar 2025 15:31 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6224 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |