Search for collections on UNIDA Gontor Repository

العلاقة بين استيعاب طالبات السنة الخامسة في القواعد النحوية وكفاءتهن في ترجمة الجملة المفيدة بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ

Fiddaroini, Binti Niaza (2015) العلاقة بين استيعاب طالبات السنة الخامسة في القواعد النحوية وكفاءتهن في ترجمة الجملة المفيدة بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Binti Niaza Fiddaroini - PBA - 2015)
Binti Niaza Fiddaroini - PBA - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (89MB)

Abstract

Bahasa arab adalah salah satu bahasa resmi yang digunakan oleh santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2. Dan juga sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar. sebagian besar mata pelajaran yang diajarkan di lembaga pendidikan ini diantaranya adalah pelajaran dirosah islamiyah dan dirosah lughowiyah, dan salah satu pelajaran pokok dari dirosah lughowiyah adalah pelajaran nahwu. Pelajaran tarjamah juga merupakan salah satu dari pelajaran dirosah lughowiyah, karena materi pelajaran tarjamah di kelas 5 ini adalah menerjemahkan kalimat bahasa arab yang mana didalam kalimat tersebut terkandung qoidah nahwu. Dan agar siswi tersebut mampu menerjemahkan kalimat bahasa arab tersebut, maka siswi kelas 5 harus menguasai qoidah nahwu yang telah diajarkan di kelas sebelumnya, karena kelas 5 adalah siswi yang telah mempelajari pelajaran nahwu kurang lebih 4 tahun. Dalam menerjemahkan kalimat, penerjemah mampu memahami ide atau pikiran yang dikandung tulisan dalam bahsa arab tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) prestasi siswi kelas 5 KMI pada pelajaran nahwu yang ditetapkan di pelajaran tarjamah, (2) kemampuan siswi kelas 5 KMI dalam menterjemahkan kalimat bahasa arab, dan (3) hubungan antara penguasaan kaidah nahwu dan kemampuan menerjemahkan kalimat bahasa arab siswi kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 tahun ajaran 1435-1436 Н. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan siswi kelas 5 KMI Gontor Putri 2 yang berjumlah 123 siswi sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 100% yaitu 123 siswi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Metode Test dan Dokumentasi, sedangkan pengolahan data menggunakan Statistik dengan rumus rata-rata dan Product Moment. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa (1) penguasaan kaidah nahwu kelas V KMI Gontor Putri 2 dengan hasil nilai 5,77 (2) nilai kemampuan menterjemahkan kalimat bahasa arab adalah 6,38. (3) hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara penguasaan kaidah nahwu dan kemampuan menterjemahkan kalimat bahasa arab siswi kelas 5 KML. Hal ini berdasarkan hasil nilai r 0,678 lebih besar dari pada nilai r dalam table 0,174. Maka alternatif Hypothesis /Ha lebih besar dari pada Null hypothesis /Ho. Dengan ini peneliti menyimpulkan hasil penelitian dengan dilihat dari hasil table interprestasi diketahui bahwa antara penguasaan kaidah nahwu dan kemampuan menterjemahkan kalimt bahasa arab siswi kelas 5 KMI mempunyai hubungan yang sedang. Dari hasil penelitian tersebut maka peniliti menyarankan kepada Direktur Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah agar lebih menigkatkan disiplin cara mengajar dan belajar khususnya dalam materi nahwu dan juga memberikan lebih banyak latihan. Karena dengan latihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami kaidah nahwu. Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 meningkatkan kemampuan siswi dalam menerjemahkan kalimat bahasa arab. Dan kepada para guru-guru pengajar materi terjemah untuk menagajar sesuai dengan kaidah mengajar terjemah dan kepada siswi kelas 5 KMI untuk memperbanyak latihan dalam pelajaran nahwu dan menerjemahkan, khususnya menerjemahkan kalimat bahasa arab yang sesuai dengan kaidah nahwu dan tata bahasa yang baik dan benar.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 02 Mar 2025 15:31
Last Modified: 02 Mar 2025 15:31
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6226

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item