Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير استخدام الوسيطة البصرية في تعليم مادة تمرين اللغة للسنة الأولى كلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ

Masuroh, Emas (2015) تأثير استخدام الوسيطة البصرية في تعليم مادة تمرين اللغة للسنة الأولى كلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Emas Masuroh - PBA - 2015)
Emas Masruroh - PBA - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (114MB)

Abstract

Dalam interaksi nya dengan lingkungannya, manusia membutuhkan satu alat yang mana tidak lain alat tersebut yaitu bahasa. Dalam proses pemahaman suatu bahasa manusia melewati proses pembelajaran bahasa yang beraneka ragam, karena bahasa itu sendiripun terdiri dari berbagai macam ragamnya. Salah satu bahasa yang ada di dunia ini yaitu bahasa Arab, bahasa Al-Qur'an dan bahasa umat arab pada umumnya. Pondok Modern Darussalam gontor putri 1 termasuk salah satu Pondok Modern yang mengajarkan pelajaran Bahasa, yaitu pelajaran Bahasa Arab, yang mana Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa resmi yang di gunakan dalam proses belajar mengajar maupun dalam berbicara sehari-hari. Pondok Modern sudah bisa di katakan sukses dalam pembelajaran Bahasa Arab terbukti santri mampu mengaplikasikan bahasa yang diajarkan melalui percakapaan maupun tulisan baik dalam kelas ataupun di luar kelas. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran dan perhatian guru-guru dalam pelaksanaan metode pengajaran dan penggunaan media yang baik dalam proses belajar mengajar maupun dalam percakapan harian di luar kelas. Media visual merupakan alat yang digunakan oleh guru-guru untuk mengatasi permasalahan dan memperjelas dari segala kesulitan dalam pembelajaran Bahasa arab di kelas satu KMI. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media visual yang digunakan guru dalam pembelajaran materi bahasa arab kelas satu KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri satu Tahun 2015 Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakanmetode penelitian kuantitatif yang mana data yang akan didapatkan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya metode tes untuk memperoleh keterangan pemahaman kelas 1 KMI mengenai pembelajaran bahasa arab yang menggunakan gambar dan tidak menggunakan gambar, metode dokumentasi untuk memperoleh data santri dan data mengenai PMDG. Adapun teknik analisis yang dipakai adalah teknik test "r" dengan taraf signifikansi 5%, dengan menggunakan alat bantu Scatter Diagram. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu Pondok Modern Darussalam Gontor yang berjumlah 403 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah 25% dari populasi yang ada yaitu 97 siswa. Dari hasil analisis statistik, didapat bahwa 1). Nilai santri kelassatu dalam ujian materi bahasa arab yang menggunakan gambar rata-rata memuaskan dengan prosentasi 12,37%, untuk ukuran baik sekali dengan prosentase 17,53%, sedangkan untuk ukuran baik dengan prosentase 15,46%, untuk sedang dengan prosentase 17,84% untuk ukuran lemah dengan prosentase 25,77%dan yang terakhir untuk untuk standar lemah sekali dengan prosentase 1,03% 2). 2). Nilai santri kelassatu dalam ujian materi bahasa arab yang tidak menggunakan gambar rata-rata memuaskan dengan prosentasi 4,12%, untuk ukuran baik sekali dengan prosentase 12,37%, sedangkan untuk ukuran baik dengan prosentase 12,37%, untuk sedang dengan prosentase 36,08% untuk ukuran lemah dengan prosentase26,80% dan yang terakhir untuk standar lemah sekali dengan prosentase 8,25% 3). hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruhyang sangat signifikan dari penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab kelas satu KMI Pondok Modern. Darussalam Gontor Tahun 2015, Hal ini berdasarkan hasil test "" 4,66, kemudiansetelah di konsultasikan dengan hasil uji koefisien "t" dari pearson dalam derjat bebas untuk df (100) dalam taraf signifikan 5% dan 1% dengan nilai "t" 4,66 lebih besar dalam table yang mana berarti bahwa hipotesa kerja atau hipotesa alternatif diterima. Berdasarkan atas hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada: 1)Staff KMI untuk menyediakan media yang akan digunakan dalam pembelajran bahasa arab kelas satu. 2) Pengajar bahasa arab atau wali kelas kelas satu agar lebih memanfaat kan media gambar yang ada dalam buku tamrin lugoh atau dengan membawa media gambar tambahan dalam pembelajran bahasa arab, karena kelas satu merupakan dasar dalam memahami bahasa arab. Dan peneliti berharap agar peneliti yang akan membahas masalah ini untuk menelit lebih luas lagi sebagai masukan bagi para pengajara Bahasa Arab pada umumnya dan untuk kemajuan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri pada khususnya.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 02 Mar 2025 15:31
Last Modified: 02 Mar 2025 15:31
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6227

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item