Search for collections on UNIDA Gontor Repository

كفاءة طالبات السنة الأولى الخريجات من المدرسة الابتدائية الحكومية والخريجات من المدرسة الابتدائية الإسلامية في التعبير التحريري بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام الحديث كونتور للبنات الأول منتجان - نجاوي - جوي الشرقية العام الدراسي: ١٤٣١-١٤٣٢هـ

Amalia, Fitrotin (2011) كفاءة طالبات السنة الأولى الخريجات من المدرسة الابتدائية الحكومية والخريجات من المدرسة الابتدائية الإسلامية في التعبير التحريري بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام الحديث كونتور للبنات الأول منتجان - نجاوي - جوي الشرقية العام الدراسي: ١٤٣١-١٤٣٢هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Fitrotin Amalia - PBA - 2011)
Fitrotin Amalia - PBA - 2011.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (103MB)

Abstract

Bahasa adalah alat atau media terpenting untuk sarana komunikasi manusia, yang diajarkan Allah kepada manusia. Sulit bagi manusia untuk hidup tanpa berbicara atau menulis, untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Pentingnya ekspresi sebagai salah satu saluran bahasa komunikasi, untuk mengungkapkan apa yang ada di jiwa atau apa yang sedang terjadi dalam perasaan dan emosi. Kulliyatul Muallimat Al- Islamiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 adalah lembaga pendidikan yang menangani masalah pendidikan dan pengajaran di pondok tersebut yang memiliki ciri khas untuk mewajibkan para siswinya untuk menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di dalam kehidupan sehari-hari, yang mana bahasa ini telah digunakan untuk prakter dan proses belajar-mengajar baik diluar kelas maupun didalam kelas hitigga digunakan menjadi bahasa sehari-hari oleh santriwan/santriwatinya. Dan diantara santriwatinya adalah murid-murid kelas IKMI yang mana mereka datang dari 2 latar belakang sekolah yang berbeda antara yang lulusan SD dan MI. Dan dari 2 latar belakang yang berbeda ini peneliti tertarik ingin mengetahui tentang kemampuan setiap dari mereka dalam materi ta'bir tahriri setelah keduanya sama-sama ditempa bersama di Pondok Modern Gontor Putri 1 selama 6 bulan pertama dan di kelas yang sama. Tujuan dari pembahasan ini antara lain:(1). untuk mengetahui kemampuan anak kelas 1 lulusan SD dalam materi Ta'bir Tahriri, (2), untuk mengetahui kemampuan anak kelas 1 lulusan MI dalam materi Ta'bir Tahriri, (3). untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan antara kemampuan anak kelas 1 antara lulusa SD dan MI. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dan komparatif kuantitatif yang menjadikan seluruh siswi kelas 1 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yang berjumlah 571 siswi sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sample sebanyak 25% dari jumlah populasi yakni 143 siswi. Pengambilan sample ini di tentukan dengan Stratified Random Sampling karena kemampuan dari tiap-tiap kelas berbeda. Sedangkan Metode pengumpulan data menggunakan metode Test, Dokumentasi, Wawancara dan Observasi. dan untuk pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode statistic dengan rumusa Chi kuadrat (x²). Dan hasil yang ditunjukkan oleh pembahasan ini adalah: (1) Bahwasannya kadar kemampuan kelas 1 KMI lulusan SD dalam Ta'bir Tahriri adalah Baik, dengan nilai 6,53 (2). Sedangkan kadar kemampuan kelas 1 KMI lulusan MI adalah cukup, dengan nilai 6,4 (3). Dan pembahasan ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kemampuan anak kelas 1 lulusan SD dan MI dalam Ta'bir Tahriri di KMI Pondok Modem Darussalam Gontor Putri 1 pada Tahun Ajaran 1431-1432 H. Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai Chi kuadrat (x). Yang diperoleh dalam masalah ini adalah 12,466, yang mana nilai tersebut lebih tinggi dari pada nilai kritis Chi kuadrat (x) pada taraf signifikansi 5% (9,448) yang mana hasilnya dengan derajat kebebasan 4. Berdasarkan hasil yang didapat dalam pembahasan ini maka, di harap bagi Bapak Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 agar memberikan perhatian lebih pada proses pembelajaran insya khususnya kepada siswi kelas 1 KMI, agar mereka dapat lebih meningkatkan mutu atau kadar kemampuan berbahasa Arab baik secara lisan atau tertulis. Dan untuk lebih memberikan tugas berupa pembiasaan penulis insya' dari sejak awal masuknya pada tahun ajaran baru agar siswi menjadi terbiasa untuk menggunakan bahasa Arab untuk mengungkapkan apa yang ada di hati dan fikiran mereka dengan tetap menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar sesuai dengan standart kelas 1. Ini semua tidak lepas dari harapan untuk dapat terus meningkatkat kadar kemampuan berbahasa Arab kelas I menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 03 Mar 2025 01:38
Last Modified: 03 Mar 2025 01:38
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6242

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item