Thesis
Published
العلاقة بين استيعاب مادة المطالعة والإنشاء التحريرى لطلاب السنة الخامسة بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي : ١٤٣٥ - ١٤٣٦
Abstract
Bahasa Arab adalah salah satu bahasa resmi yang di gunakan oleh santri Pondok modern Darussalam Gontor dalam percakapan sehari-hari selain bahasa Inggris. Karena bahasa Arab adalah bahasa pengantar yang digunakan dalam belajar mengajar di Pondok Modern Darussalam Gontor di dalam pelajaran-pelajaran agama. Di antara cabang bahasa Arab yang diajarkan kepada siswa kelas lima adalah keterampilan menulis Bahasa Arab yang dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan dalam membentuk susunan kalimat dan ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam pemikiran mereka dalam bentuk tulisan ataupun suatu karangan atau disebut menulis Insya' yang sesuai dengan kaidah dan uslub bahasa Arab yang baik dan benar. Dengan melihat dari kecakapan bahasa Arab yang empat yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan.
Sedangkan tujuan penelitian disini ada tiga tujuan diantaranya adalah (1) Untuk mengetahui penguasaan siswa kelas 5 dalam pelajaran Muthola'ah (2) Untuk mengetahui penguasaan siswa kelas 5 dalam pelajaran Insya' (3) Adakah hubungan penguasaan antara pelajaran Muthola'ah dan Insya' kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran 1435-1436.
Untuk mendapatkan nilai dan hasil dari pada tujuan penilitian, maka penulis menggunakan metode dokumentasi dan metode tes untuk mandapatkan data-data santri dan nilai-nilai pelajaran dan metode observasi, sedangkan dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode statistik dengan rumus Product Moment.
Hasil penelitian yang berjudul " Hubungan antara penguasaan pelajaran Muthola'ah dan Insya' kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor tahun ajaran 1435-1436" dengan hasil nilai Muthola'ah 6,58 dan 6,57 dalam pelajaran Insya kelas 5. Dengan menggunakan rumus Product Moment maka peneliti mengetahui hasil dengan nilai r (0,7332) lebih besar dari nilai df 1% (0,195) dan nilai 5% (0,254). Maka alternatif Hypothesis/Ha lebih besar dari pada Null Hypotesis /Ho maka peneliti menyimpulkan "Ada Hubungan antara penguasaan pelajaran Muthola'ah dan Insya' kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran 1435-1436.
Setelah penulis mengamati dari pada hasil penelitian, maka di harapkan kepada para staff KMI dan guru untuk meningkatkan cara belajar mengajar santri dalam pelajaran Muthola'ah dan Insya', kelas 5 khususnya. Dan diharapkan kepada para santri untuk menguasai dan menggunakan qo'idah bahasa arab dalam pelajaran muthola'ah dan insya' serta dalam pelajaran bahasa arab.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Bahasa Arab
Item ID6243
Deposited03 Mar 2025 01:57