Thesis
Published
Penyusunan Media Gambar Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor Ponorogo.
Abstract
Arab sebagai Bahasa komunikasi dan pengajaran, terutama pelajaran dirasah
islamiah. Untuk itu diharapkan bagai mahasiswa untuk menguasai empat keterampilan
Bahasa terutama keterampilan berbicara yang digunakan utnuk berkomunikasi diantara
mereka. Untuk keefektivan pembelajaran dan pengajaran Bahasa Arab Universitas
Darussalam Gontor mendirikan Pusat Bahasa untuk membantu mahasiswa dalam
meningkatkan dan mengembangkan Bahasa Arab. Pusat Bahasa terdapat program
asrama Bahasa yaitu asrama yang dikhususkan untuk siswa yang berkeinginan untuk
meningkatkan empat kemampuan Bahasa. Adapaun peserta dari program Asrama Bahasa
ini adalah berasal dari Siswa Non-KMI. Untuk itu tingkatan mereka dalam Bahasa masih
dalam tahap pemula terutama dalam keterampilan berbicara, disebabkan karena siswa
masih lemah dan kesulitan dalam menyusun kalimat ataupun mengunggkapkan apa yang
ada dalam pikirannya, selain itu belum adanya dalam diri siswa keterampilan Bahasa
Arab. Masalah yang kedua, guru belum mempunyai metode khusus dalam mengajarkan
maharatul kalam untuk siswa sakan araby, sehingga menyebabkan pembelajaran tidak
efektiv. terlepas dari permasalahan ini,, peneliti menggunakan alat bantu gambar untuk
meningkatkan keterampilan Berbicara siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor.
Penelitian ini mencoba menjawab dua petayaan yaitu: “Bagaimana penyusunan
media alat bantu gambar dalam peningkatan keterampilan berbicara pada siswa Sakan
Araby universitas Darussalam Gontor ? Sejauh mana efektivitas penggunaan media alat
bantu gambar dalam peningkatan ketrampilan berbicara Siswa Sakan Araby Universitas
Darussalam Gontor ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan langkahlangkah
penggunaan gambar dalam peningkatan ketrampilan berbicara dan menunjukkan
efektivitas penggunaan gambar dalam peningkatan ketrampilan berbicara di kalangan
siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Dalam mengumpulkan data,
peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini tercapai melalui
penghitungan hasil perolehan rata-rata yang diperoleh oleh siswa dari pre-test dan posttest,
dan menganalisa data menggunakan program uji t dengan menggunakan rumus t-test.
Hasil yang terpenting dari penelitian ini adalah: a. Bagaimana gambaran penggunaan
alat bantu gambar dalam meningkatkan ketrampilan berbicara b. Adanya pengaruh
Penggunaan alat bantu gambar yang signifikan dalam meningkatkan ketrampilan
berbicara siswa, dilihat dari perolehan rata--rata sebelum dan sesudah menggunakan
alat media gambar, dapat dilihat perbedaan yang signifikan antara perolehan rata-rata
Sebelum menggunakan alat media pengajaran gambar rata-rata nilai siswa Sakan Araby
5. kemudian setelah menggunakan media Alat bantu berupa gambar, rata-rata nilai yang
didapatkan siswa sakan Araby 8. perolehan ini menegaskan bahwa penggunaan gambar
untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa Sakan Araby Universitas Darussalam
Gontor efektif. Kemudian nilai rata-rata siswa sakan araby sebelum menggunakan media
gambar 5, sedangkan setelahnya digunakan media gambar nilai rata-rata siswa naik
menjadi 8, ini artinya penggunaan alat media gambar efektif.
Dari sini, peneliti mencoba mengajukan beberapa usulan, diantara: a. Melakukan
penelitian dan studi untuk mengetahui efektifitas Penggunaan gambar dalam peningkatan
ketrampilan bahasa lainnya di kalangan siswa menengah pertama, dan strata pendidikan
lain, b. Melakukan penelitian dan studi untuk mengetahui pengaruh gambar dalam
mengingat dan menafsirkan pelajaran yang sudah sediakan.
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID626
Deposited04 Nov 2020 14:54