Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير استيعاب الأساليب في المحادثة الصباحية في كفاءة التعبير الشفهي لطالبات الفصل الرابع بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة سامبيريجو مانتنجان نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ

Muwaida, Hasna (2015) تأثير استيعاب الأساليب في المحادثة الصباحية في كفاءة التعبير الشفهي لطالبات الفصل الرابع بكلية المعلمات الإسلامية معهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة سامبيريجو مانتنجان نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Hasna Muwaida - PBA - 2015)
Hasna Muwaida - PBA - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (130MB)

Abstract

Bahasa adalah sarana komunikasi yang penting sebagai penghubung antara dua atau lebih manusia, juga merupakan hal mendasar yang menjadi penyempurna manusia di antara makhluk hidup lainnya. Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor memiliki tempat penting dalam penyampaian setiap materinya, baik materi diniyah maupun sebagai sarana percakapan sehari-hari. Dan salah satu cara pembiasaan santrinya dalam berbahasa Arab adalah dengan diadakannya satu kegiatan, yaitu Muhadatsah Pagi. Peneliti melihat, meski sudah sampai pada tingkat yang cukup dalam belajar Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor, masih banyak siswi kelas 4 KMI yang belum sepenuhnya memakai uslub yang telah mereka pelajari di Muhadatsah Pagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penguasaan uslub dalam Muhadatsah Pagi santriwati kelas 4, mengetahui kemampuan ta'bir dan mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan uslub dalam Muhadatsah Pagi terhadap kemampuan ta'bir syafahi siswi KMI kelas 4 di Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyah Darussalam Gontor Putri Kampus 2 tahun ajaran 1435-1436 H. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat Kuantitatif Asosiatif Kausal yang menjadikan siswi kelas 4 Gontor Putri Kampus 2 sebagai populasi. Dan dalam penelitian ini peneliti mengambil keseluruhan siswi kelas 4 karena jumlah mereka yang tidak lebih dari 100 orang (64 siswi). Maka penelitian ini disebut penelitian populasi. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan: 1) penguasaan uslub dalam Muhadatsah Pagi santriwati kelas 4 baik dengan nilai 7,0146. 2) kemampuan ta 'bir syafahi santriwati kelas 4 baik dengan nilai 7,2813. 3) ada pengaruh yang significant antara penguasaan uslub dalam Muhadatsah Pagi dengan kemampuan ta'bir syafahi santriwati kelas 4, dengan penghitungan statistik menunjukkan nilai 0,8589 lebih besar dari nilai dalam tabel "r" 0,250. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan beberapa hal kepada: 1) bagian peningkatan bahasa di Pondok Modern Gontor agar memperhatikan lebih dalam pembelajaran Muhadatsah Pagi untuk meningkatkan kemampuan santri dalam penggunaan uslub khususnya dalam ta 'bir syafahi. 2) pembimbing rayon agar lebih detail dalam penyampaian Muhadatsah Pagi juga memperhatikan anggotanya, khususnya untuk berbicara dengan uslub yang benar. 3) seluruh santriwati kelas 4 agar mempelajari lebih dalam kaidah Bahasa Arab dan menggunakan uslub dalam Muhadatsah Pagi untuk percakapan sehari-hari juga dalam ta'bir tahriri maupun syafahi. 4) dan para peneliti selanjutnya agar melengkapi penelitian ini, melihat banyaknya kekurangan di dalamnya.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 04 Mar 2025 05:09
Last Modified: 04 Mar 2025 05:09
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6298

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item