Rohman, Ibadur (2011) العلاقة بين كفاءة الخطبة المنبرية ومهارة الكلام في اللغة العربية للفصل الأول التكليفي بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي: ١٤٣١ - ١٤٣٢ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Ibadur Rohman - PBA - 2011)
Ibadur rohman - PBA - 1432.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (137MB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah suatu bahasa perantara yang di gunakan untuk menyalurkan apa yang ada di fikiran dan syair-syair antara sekelompok manusia di dunia ini. Bahasa Arab sangat penting bagi umat muslim karena bahasa arab adalah bahasa agama dan bahasa Al-qur'an. Maka pengusahaan bahasa ini bukan sekedar tahu kaidah, akan tetapi di butuhkan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Dan di dalam pengajaran bahasa arab ada empat ketrampilan yaitu: ketrampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis, dan tidak diragukan lagi bahwa ketrampilan berbicara adalah ketrampilan yang paling penting. Maka perkembangan ketrampilan berbicara bahasa arab berpengaruh kepada ketrampilan yang lain. Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang mengarah kepada gerakan bahasa. Salah satu gerakan dalam bidang bahasa yang memiliki peran penting dalam meningkatkan standar bahasa adalah latihan berpidato. Pidato menurut Pondok Modern Darussalam Gontor adalah salah satu sarana kegiatan yang sangat efektif dalam pembentukan watak, mental, dan kepribadian santri. Maka pidato adalah salah satu unsur penting dalam meningkatkan bahasa santri lebih khususnya dalam ketrampilan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kemampuan berpidato bahasa arab santri kelas satu intensif. (2) Mengetahui ketrampilan berbicara bahasa arab kelas satu intensif. (3) dan mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berpidato dengan ketrampilan berbicara dalam Bahasa Arab di KMI pondok modern Darussalam Gontor ponorogo tahun ajaran 1431-1432 Η. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan siswa kelas 1 Int KMI tahun ajaran 1431-1432 H, yang berjumlam 424 santri sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 25% yaitu 100 siswa. Di tentukan dengan tehknik Srtatified Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumulan data adalah metode test, sedangkan pengolaan data menggunakan statistik dengan rumus rata-rata dan product moment. Dari hasil analisa data, peneliti mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) kemampuan berpidato bahasa arab siswa kelas satu intensif cukup (maqbul). (2) ketrampilan berbicara bahasa arab siswa kelas satu intensif cukup pula. (3) dan tedapat hubungan antara kemampuan berpidato dengan ketrampilan berbicara bahasa arab siswa kelas satu intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor ponorogo tahun ajaran 1431-1432 H. karena nilai adalah 1,123 lebih tinggi dari product moment antara 5% yaitu 0,195. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti mengharapkan untuk lebih memperhatikan kepada sarana-sarana yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan bahasa santri lebih khususnya dalam ketrampilan berbahasa, dan semoga tulisan ini bisa menjadi rujukan untuk peneliti yang akan datang dalam penyajian penelitian yang lebih lengkap lagi.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Hibatullah Ramadhana |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:09 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:09 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6302 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |