Khodijah, Khodijah (2009) طريقة تعليم اللغة العربية في سورة العلق ١-٥. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Khodijah - PBA - 2009)
Khodijah - PBA - 2009 - 2612614.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (83MB) |
Abstract
26.1.2.6140 Bahasa Arab adalah bahasa yang diturunkan Al-Qur'anul Karim. Dengan demikian, itu adalah bahasa yang dibutuhkan oleh orang muslim untuk membaca dan memahami Al-Qur'an yang mana diambil di dalamnya perintah- perintah, larangan-larangan dan hukum- hukum. Maka dari itu, Bahasa Arab mempunyai kedudukan yang khusus di antara bahasa- bahasa di dunia. Turunnya Al-Qur'an dengan bahasa ini, bertambahlah kepentingannya dan juga perhatiannya untuk pengabdian kepada agama Islam, dan memahami Al-Qur'an yang telah diturunkan untuknya. Dan untuk memahami Al-Qur'an, orang perlu untuk mendalami Bahasa Arab dan ini membutuhkan suatu pengajaran. Maka wajib adanya pengajaran bahasa bagi manusia, dan kesuksesan suatu pengajaran tergantung kepada cara pengajaran itu sendiri. Dan untuk mengetahui cara pengajaran Bahasa Arab yang efektif, penulis menggunakan metode yang ada dalam tafsir surat Al-Alaq ayat 1-5. Adapun tujuan dari pembahasan skripsi ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran bahasa arab dalam surat Al-Alaq ayat 1-5. Penelitian ini adalah studi analisa. Penulis menggunakan dokumentasi dengan memaparkan tafsir surat Al-Alaq ayat 1-5. Untuk mengantarkan pada kesimpulan maka penulis memakai metode deduktif yang bermula dari kenyataan umum dan kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat khusus, disamping penulis juga menggunakan metode analisa dalam pembahasan ini. Dengan pembahasan yang singkat dan simpel ini, penulis mengetahui metode pengajaran Bahasa Arab dalam ayat tersebut. Adapun metode pengajarannya dapat disimpulkan dengan dua cara yaitu dengan metode membaca kemudian menulis. Metode pengajarannya dimulai dengan metode membaca dahulu kemudian dilanjutkan dengan metode menulis dan bukan sebaliknya, karena kemahiran menulis akan didapatkan setelah mahir membaca. Penulis mengakui bahwa pembahasan ini masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu, penulis mengharapkan kepada seluruh pembaca atau pembahas selanjutnya untuk menutupi kekurangannya agar pembahasan ini menjadi lebih sempurna
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 2024 Hibatullah Ramadhana |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:09 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:09 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6307 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |