Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها عند رشدي أحمد طعيمة

Huda, Lia Laily (2014) تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها عند رشدي أحمد طعيمة. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Lia Laily Huda - PBA - 2014)
Lia Laily Huda AF - PBA - 2014 -31128811.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (125MB)

Abstract

Bahasa adalah tata cara yang tepat untuk merumuskan komunikasi dalam menukarkan pikiran dan perasaan antara anggota sesama komunitas. Adapun bahasa Arab adalah rangkaian kata untuk menyampaiakan tujuan atau maksud mereka dan sekarang sudah sampai kepada kita dengan metode tulisan dan hafalan seperti Al-Qur'an dan Hadist. Akhirnya kini pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab menjadi penting bagi muslim dan muslimah, akan tetapi diantara mereka ada yang merasa kesulitan dalam pengajaran dan pembelajarannya disebabkan banyaknya metode-metode yang diajarkan. Semua metode itu menawarkan cara yang mudah untuk mempelajari bahasa Arab, Dan dari beberapa metode-metode yang digunakan untuk mengajarkan bahasa Arab semuanya baik, akan tetapi metode pengajarannya belum mencapai tujuan yang dimaksud. Salah satu metode yang menjadi rujukan bagi pengajar bahasa Arab untuk non Arab adalah tulisan Rusydi Ahmad Thu'aimah dalam buku yang berjudul "pengajaran bahasa Arab untuk non Arab, metode dan teknik". Melihat dari itu peneliti ingin meneliti tentang metode yang digunakan olehnya. Tujuan utama dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui serta mendalami tentang pengajaran bahasa arab untuk non arab, dan untuk mengetahui pengajaran bahasa arab untuk non arab menurut Rusydi Ahmad Thu'aimah. Pembahasan ini merupakan penelitian dengan analisis deskriptif kualitatif, maka pembahas menggunakan metode dokumenter untuk mengumpulkan data berupa pengetahusa tentang pengajaran bahasa arab untuk non arab, dan pembahas menggunakan metode Milles dem Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan yaitu untuk menganalisa data-data yang telah terkumpul. Pembahas menggunakan metode ini untuk menganalisa tentang pengajaran bahasa arab untuk non arab memurut Rusydi Ahmad Thu'aimah. Dari analisis data, pembahas dapat menyimpulkan beberapa hal, antara lain: pengajaran bahasa Arab merupakan proses pembelajaran dengan pengetahuan akal dan penerapan bahasanya tergantung pada kemampuan individu dalam penyusunan kalimat dan ibarat. Dan pengajaran bahasa arab untuk non Arab menurut Rusydi dengan mendengarkan kalimat bahasa Arabnye selanjutnya melafadzkannya sebelum membaca dan menulis. Didasari dari itu metode pembicaraan agar diterapkan pada anak didik materi dan latihan yang membangun kepandaian dalam berbahasa seperti mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Berdasarkan penelitian ini diharapkan (1) Para segenap guru untuk memperhatikan metode pengajaran lebih lanjut dalam mengajar bahasa Arab (2) Para Pengajar pelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pengajaran bahasa arab khususnya di pondok ini dengan kesungguhan dalam mengajarkanya sehingga anak didik menguasai bahasa Arab dalam mendengar, berbicara, membaca dan menulis (3) Para siswi di Darussalam untuk menguasai metode pengajaran dau pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:03
Last Modified: 05 Mar 2025 04:03
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6371

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item