Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير الكفاءة النحوية على مهارة كتابة اللغة العربية لطلاب الفصل الأول التكثيفي بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور المركزي فونوروكو العام الدراسي: ١٤٣٤-١٤٣٥هـ.

Haq, Muhammad `Ainul (2014) تأثير الكفاءة النحوية على مهارة كتابة اللغة العربية لطلاب الفصل الأول التكثيفي بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور المركزي فونوروكو العام الدراسي: ١٤٣٤-١٤٣٥هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Muhammad `Ainul Haq - PBA - 2014)
Muhammad 'Ainul Haq - PBA - 2014.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (164MB)

Abstract

Suatu hal yang tidak diragukan lagi bahwasanya bahasa Arab merupakan salah satu bahasa mayoritas di dunia yang dituturkan oleh lebih dari 200 juta umat manusia dan bahasa ini digunakan secara resmi oleh kurang lebih 20 negara. Karena ia merupakan bahasa Kitab Suci dari Allah. Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang mengedepankan sistem pengajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris, di mana para santri diberi banyak fasilitas yang dapat menunjang perkembangan dan kemampuan mereka dalam berbahasa. Di antara cabang bahasa Arab yang diajarkan mula-mula kepada siswa kelas satu intensife KMI adalah ketrampilan menulis Bahasa Arab yang dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan dalam membentuk susunan kalimat dan ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam pemikiran mereka dalam bentuk tulisan ataupun suatu karangan. Namun kemampuan mereka belum akan sempurna sebelum menguasai dan memperdalam kaedah-kaedah dalam bahasa Arab seperti pelajaran Nahwu dan lain sebagainya. Sedangkan Nahwu adalah kemampuan. menyusun kata-kata ataupun kalimat dengan menggunakan kaedah-kaedah bahasa Arab baik, dalam bentuk tulisan ataupun ungkapan dan percakapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan Nahwu kelas satu intensife KMI, (2) Ketrampilan menulis bahasa Arab kelas satu intensife KMI, (3) pengaruh antara Kemampuan Nahwu, terhadap Ketrampilan menulis bahasa Arab, kelas satu intensife Kulliyatu-l-Muallimin al-Islamiyah Di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Tahun Ajaran 1434-1435 Н. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan santri kelas satu intensife KMI yang berjumlah 422 pelajar sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sample sebanyak 25% yaitu 106 pelajar, ditentukan dengan teknik Statified Random Sampling. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah metode Tes, sedangkan pengolahan data menggunakan statistik dengan rumus rata-rata dan Corelasi Product Moment. Dari hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya (1) Nilai Kemampuan Nahwu kelas satu intensife adalah Baik (7,58), (2) Nilai Ketrampilan menulis bahasa Arab kelas satu intensife adalah Baik Sekali (7,12), dan (3) terdapat pengaruh yang sedang antara Kemampuan Nahwu, terhadap Ketrampilan menulis bahasa Arab, kelas satu intensife Kulliyatu-l-Muallimin al-Islamiyah Di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Tahun Ajaran 1434-1435 H. dengan nilai r (0,6173) lebih besar dari nilai df 1% (0,195) dan nilai 5% (0,254). Setelah mengamati dari hasil penelitian, maka penulis berharap kepada para staf KMI untuk memperhatikan dan meningkatkan cara belajar siswa dalam ketrampilan menulis dan pelajaran Nahwu khususnya bagi kelas satu intensife, Melihat bahwa ketrampilan menulis bahasa Arab dan pelajaran Nahwu adalah dua materi dalam penguasaan Bahasa Arab dan merupakan asas dalam pengajaran bahasa Arab, sebagaimana diharapkan kepada seluruh Guru-guru untuk meningkatkan cara mengajar mereka kepada siswa sehingga penguasaan mereka dalam ketrampilan menulis dan pelajaran Nahwu benar dan baik. Dan diharapkan kepada siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor dan siswa kelas satu intensife KMI khususnya, agar menguasai kaedah-kaedah bahasa Arab dan menggunakannya dalam percakapan mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Hibatullah Ramadhana
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:02
Last Modified: 05 Mar 2025 04:02
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6380

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item