Marfu`ah, Rofi (2002) تطبيق الأحكام الشرعية في التقليد والاتباع في الصلاة المفروضة الدراسة القضية السنة السادسة بمعهد الحديث كونتور للبنات بسامبيرجو مانتيعان عاوى جاوى الشرقية السنة الدراسة : ٢٠٠٢/١٤٢٣). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
![]() |
FILE TEXT (Rofi Marfu`ah - PM - 2002)
Rofi Marfu'ah - PM - 2002.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (123MB) |
Abstract
Pesantren Putri Pondok Modern dalam existensinya di dunia pendidikan berorientasi pada pembentukan figur wanita muslimah, sholihah, murobbiyah dan sitti-1-kull (all around) atau berperan di segala bidang. Untuk menjadikan figur wanita yang Sholihah, tidak cukup hanya membentuk generasi yang sehat jasmani, akan tetapi yang paling utama adalah pembentukan Rohani, yaitu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara sholat. Karena Sholat adalah tiang agama atau pondasi hidup dalam mengabdikan diri kepada Allah. Apabila sudah benar sholatnya maka benar pula akal dan hatinya, dan apabila sudah lurus akal dan hatinya maka lurus juga kepribadianya, dan apabila sudah lurus dan benar kepribadianya maka benar pula semua amalannya, dan apabila benar dan lurus semua kepribadiannya. dari setiap individu, maka Insya Allah benar pula masyarakatnya. Taqlid adalah mengikuti pendapat orang lain tanpa mengetahui sumber atau alasannya, Sebaliknya menerima perkataan orang lain dengan mengetahui sumber atau alasannya disebut Ittiba Siswi kelas VI KMI adalah salah satu kelas tertinggi di Pesantren putri Pondok. Modem Gontor yang sudah melalui masa belajar empat atau enam tahun dan diharapkan oleh Pondok dengan kurun waktu yang relatif lama sudah bisa dan tahu memahami hukum Islam dengan baik dan benar, serta mengetahui sumber atau alasan yang mereka lakukan dengan baik dan benar. Penelitian sederhana ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat pemahaman siswi kelas VI terhadap hukum islam dalam kaitanya dengan masalah taqlid dan Ittiba dalam sholat fardhu,dan Mengetahui prosentasi kelas VI yang melaksanakan hukum islam dengan Taqlid dan Ittiba', serta Mengetahui ketentuan atau hukum taqlid dan litiba yang benar menurut Syari'at Islam, Untuk memperoleh hasil yang valid Pembahas menggunakan Penelitian Statistik Deskriptip Kwalitatif yaitu analisis yang hanya menggunakan paparan sederhana, baik menggunakan data atau presentasi dan dinyatakan dengan sebuah Predikat terhadap masalah tersebut digunakan methode Dokumentasi guna memperoleh data santriwati dan Pesantren Putri Pondok Modern Gontor, dan methode angket guna memperoleh data hasil pelaksanaan hukum islam bagi santri dalam kaitannya dengan masalah taqlid dan ittiba di Pondok Modern Gontor. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dari 45% mereka yang masih bartaqlid, dengan bukti dari hasil penelitian rata-rata yang mereka peroleh dalam taqlid sekitar dari 42,46%-49,31% Dan dari 55% mereka berittiba, dengan bukti dari hasil penelitian rata-rata yang mereka peroleh dalam ittiba sekitar dari 50,68%-67,12% Dari hasil penelitian ini berarti sebagian dari kelas enam belum memenuhi standart yang diluarapkan oleh Pondok dan belum melaksanakan hukum islam yang sesuai dengan aturan Ittiba' Dari hasil yang di peroleh perlu disarankan kepada Bapak direktur dan Bapak Pengasuh Pesantren Putri Pondok Modern Gontor untuk lebih menekankan dan lebili memberikan perhatian terhadap Pengamalan mereka dalam melaksanakan ibadah Sholat. Juga kepada Asatidz dan Ustadzat untuk lebih aktif dalam memberikan pembinaannya dan meningkatkan kwalitas personalitasnya, khususnya dalam 'ubudiyah sehari-hari.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Perbandingan Mazhab dan Hukum |
Depositing User: | 2024 Hibatullah Ramadhana |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:13 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6528 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |