Rakhmi, Nur (2019) تنفيذ تعليم املبارة يف األلعاب اجلماعية )Tournament Game Team )يف ترقية نشاط تعلم وإجنازه يف مادة النحو لطالبات الفصل الثاين ه مبعهد دارالسالم كونتور للبنات احلرم الثاين للرتبية اإلسالمية احلديثة العام الدراسي 1440- 1441 ه. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
nur rahmi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bahasa arab mcmiliki bcrbagai cabang ilmu, seperti nahwu, shorof, balaghoh dan lain sebagainya yang satu sama lain saling bcrIcaitan. Dan dari bebcrapa cabang ilmu tersebut memiliki kriteria sedikit rumit untuk dipahami olch santriwati yaitu mcnguasai ilmu Nahwu. Untuk mcngajarkan ilmu Nahwu sctiap guru mcmiliki metode pembclajaran tctap yang telah ada disckolah. Discbabkan kurangnya variasi dalam mcngajar maka bcbcrapa santriwati mcndapat nilai rendah setclah ujian. Dengan demikian hams diadakan perubahan dalam mctodc bclajar, salah satu mctodc belajar yang dapat mcningkatkan kesemangatan scrta hash belajar siswi yaitu dcngan mengimplementasilcan metode pembelajaran Team Game Tournament. Dengan metode belajar ini siswi akan lebih aktif mcngikuti pelajaran nahwu dcngan bcrbagai permainan yang ada di dalamnya. Tujuan diadakannya pcnclitian ini adalah (1 ) untuk menjelaskan dan mcningkatan keaktifan bclajar siswi KM1 kelas 2H pada mata pclajaran Nahwu dengan mengimplementasikan pembelajaran Team Game Tournament, (2) untuk menjelaslcan pcningkatan hash bclajar siswi KM1 kelas 2 H pada mata pelajaran Nahwu dengan mengimplementasilcan pcmbelajaran Team Game Tournament. Pcnelitian ini menggunakan Pcnclitian Tindalcan Kelas (PTK). Penelitian ini dilalcsanalcan di Pondok Modem Darussalam Gontor Putri Kampus 2. Dan adapun sampel yang diambil sejumlah 34 siswi yang mcrupakan siswi KMI kelas 2H tahun ajaran 1440- 144 I . Penclitian Tindalcan Kelas dilaksanakan dengan 2 siklus, yang meliputi; perencanaan, pelalcsanaan, obscrvasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini mcnunjukkan, bahwa dengan (1) mcncrapkan metode Team Game Tournament dapat mcningkatkan hash bclajar dan (2) kcaktifan siswi dan belajar. Pada siklus pertama hash bclajar siswi mcncapai 47%, lalu mengalami pcningkatan pada siklus kedua yaitu 56%. Adapun keaktifan siswi dalam belajar pada siklus pertama mcncapai 46% dan mengalami pcningkatan pada siklus kedua yaitu 68%. Dcngan dcmikian peneliti berharap kcpada scgcnap dewan gum untuk mencrapkan stratcgi yang sesuai dalam proses belajar, khususnya pada mata pclajaran islam. Kata kunci: Keaktijan Belajar, Hasil Belajar dan Team Game Tournament
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 03:43 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:59 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/700 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |