Chasanul Muna, Arif (2018) تنفيذ الوسائل التعليمية ببرنامج باور بوينت لكتاب العربية بين يديك لترقية نتائج التعلم في مادة مهارة الاستماع لطلاب الفصل الإعدادي بجامعة دار م2018- 2017السلام كونتور فونوركو السنة الدراسية. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
arif fiks jos.pdf Download (23MB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran dan Al-Hadist sekaligus bahasa Internasional. Bahasa Arab bukan hanya bahasa agama tertentu, bukan bahasa satu kaum tertentu, akan tetapi bahasa Arab adalah bahasa seluruh umat manusia. Penguasaan Bahasa arab sangatlah penting bagi kita untuk menjaga interaksi kita dengan Allah SWT. Universitas Darussalam Gontor merupakan sebuah Universitas yang mewajibkan mahasiswanya untuk berbahasa arab dan inggris dalam segala aktivitasnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka Universitas Darussalam Gontor memiliki Lembaga khusus yang menangani, memantau, mendisiplinkan bahkan meningkatkan bahasa mahasiswa yaitu “pusat bahasa”. Lembaga pusat bahasa memiliki kelas khusus bagi mahasiswa yang kemampuan bahasanya rendah yaitu kelas materikulasi. Pembelajaran bahasa arab di kelas Materikulasi meliputi 4 ketrampilan yang sangat berkaitan satu dengan yang lain, diantaranya: maharatul istima, maharatul kalam, maharatul qira’ah, dan maharatul kitabah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pelajaran maharatul istima’ menggunakan media power point dalam kitab arabiyah baina yadaik dikelas materikulasi Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini bersifat kolaboratif, karena peneliti belum mempunyai kelas untuk mengajar sehingga harus bekerjasama dengan guru mata pelajaran maharatul istima’ kelas Materikulasi Universitas Darussalam Gontor. Penelitian ini memiliki 2 siklus, dan dalam pelaksanaan siklusnya terdapat 4 komponen inti, diantaranya; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu analisis mixed method, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan memberikan sajian data secara kualitatif dan kuantitatif. Dan kriteria keberhasilan pada penelitian ini adalah 70%.Dan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media power point dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pelajaran maharatul istima’ di kelas materikulsi Universitas Darussalam Gontor. Analisis data pada prasiklus menunjukkan bukti bahwa 4 mahasiswa mencapai hasil belajar yang diharapkan dengan presentase ketuntasan sebanyak 25%, lalu meningkat pada siklus I sebanyak 12 mahasiswa mencapai hasil belajar yang diharapkan dengan presentase ketuntasan 75%, dan meningkat lagi pada siklus II sebanyak 14 mahasiswa mencapai hasil belajar yang diharapkan dengan presentase ketuntasan 87,5%.Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti memberikan saran: (1) kepada ketua pusat bahasa agar media pembelajaran power point pada kitab arabiyah baina yadaik hendaknya dapat digunakan oleh guru yang lainnya sebagai alternatif dalam mengajarkan para siswanya tentang materi maharatul istima’ untuk dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, tidak membosankan, serta dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. (2) kepada guru diharapkan dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. (3) kepada mahasiswa agar tetap bersemangat dalam setiap kegiatan pembelajaran dan dapat menigkatkan pemahaman serta hasil belajarnya. Kepada penulis setelahnya agar bisa melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 04:17 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:59 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/715 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |