Romand Abdalla, Riza (2019) » في مادة الصرف بمعهد دارالسلام كونتور الحرم الثاني للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي 2018Fلترقية إنجاز تعلم طلاب الفصل الثاني «Concept Mapتنفيذ استراتيجية التعليم «خريطة التفكير». D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
riza.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu kunci untuk mempelajari ilmu pengetahuan khususnya Al-qur’an yang menjadi sumber dari segala ilmu, dari banyak disiplin ilmu bahasa Arab yang ada Sharaf merupakan disiplin ilmu bahasa Arab yang sangat membantu seorang pelajar dalam memahami bahasa Arab sehingga sering disebut induk dari segala ilmu. Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan lembaga yang mengajarkan bahasa Arab dengan metode yang modern adapun Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 2 juga menerapkan apa yang gontor terapkan. Pelajaran Sharaf merupakan pelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca dan berbicara bahasa arab sehingga sangat penting di Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 2, akan tetapi pemebelajaran sharaf di kelas 2F kurang maksimal dibandingkan dengan kelas lainnya yang ada dipondok ini, hal ini disebabkan kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar, metode yang digunakan oleh guru cukup membosankan dan guru tidak menerapkan sebagian metode yang sudah di tentukan lembaga. Maka untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dibutuhkan strategi pembelajaran yang aktif dan menarik yaitu strategi pembelajaran Concept Map. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui peningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui strategi Concept Map dalam mata pelajaran Sharaf kelas 2F. Pondok Modern Darussal Gontor Kampus 2 Madusari, Ponorogo (2) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik melalui strategi Concept Map dalam mata pelajaran Sharaf kelas 2F. Pondok Modern Darussal Gontor Kampus 2 Madusari, PonorogoJenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat reflektif sehingga kegiatan pembelajaran dapat menjadi lebih baik dan meningkat. Untuk mendapatkan data keaktifan belajar peserta didik kelas 2F. Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Madusari, Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 peneliti mengumpulkan data berupa, observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa penerapan strategi Concept Map dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata Sharaf kelas 2F. Pondok Modern Darussal Gontor Kampus 2 Madusari, Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I siswa yang aktif sebanyak 23 siswa dari jumlah 29 siswa atau 79,31% dari jumlah siswa keseluruhan, pada siklus II siswa yang aktif sebanyak 25 siswa dari jumlah 29 siswa atau 86,20% dari jumlah siswa keseluruhan, maka peningkatan siswa yang aktif pada siklus I&II sebanyak 2 siswa atau 6,89%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I berjumlah 21 siswa yang telah mencapai KKM dari jumlah 29 siswa atau 72,41%,dan hasil belajar pada siklus II berjumlah 26 siswa dari jumlah 29 siswa atau 89,65% maka peningkatan hasil belajar pada siklus I&II sebanyak 5 siswa atau 17,24%. yang telah mencapai KKM dari jumlah siswa keseluruhan.Berdasarkan penelitian tersebut peneliti mengharapkan: (1) Diharapkan bagi guru untuk menerapkan strategi Concept Map dalam proses pembelajaran berlangsung. (2) Diharapkan bagi siswa lebih bekerja sama lagi dalam pembuatan peta konsep agar materi mudah di hafal dengan baik. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan strategi Concept Map dapat mengembangkan dengan variasi yang berbeda seperti variabel yang berbeda, indikator yang berbeda, ataupun mata pelajaran yang berbeda.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 09:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 12:39 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/752 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |