Search for collections on UNIDA Gontor Repository

THE INFLUENCE OF SHARIA SERVICE SYSTEM AGAINST CONSUMER SATISFACTION IN HOTEL SOFYAN CUT MEUTIA JAKARTA

Abdurrafi’i, Ahmad (2019) THE INFLUENCE OF SHARIA SERVICE SYSTEM AGAINST CONSUMER SATISFACTION IN HOTEL SOFYAN CUT MEUTIA JAKARTA. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT
rofi fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini Indonesia sedang mengalami krisis moral dan ekonomi, kerap kali diberitakan di media massa tentang adanya penggerebekan terhadap pengunjung hotel yang bukan suami istri, ada yang mabuk-mabukan, perselingkuhan, dan sebagainya. Sampai menimbulkan keresahan dan ketidaknyamanan masyarakat akan keberadaan hotel yang sering dijadikan tempat bermaksiat, sehingga mendorong para pelaku bisnis perhotelan untuk membuat konsep hotel yang bernuansa aman, nyaman serta terjamin kehalalannya. Melihat besarnya potensi umat musim di indonesia seharusnya mampu memberikan prihatin terhadap maraknya jumlah hotel yang tidak sesuai dengan syariat Islam, dengan mendirikan berbagai usaha perhotelan dengan berlandaskan sistem syariah Islam. Selain itu, dengan hadirnya hotel syariah dalam industri perhotelan telah menjadi tren baru bisnis akomodasi di beberapa daerah, serta menjadi sarana dakwah Islam dalam menangani masalah yang di timbulkan. Maka dengan hadirnya hotel berbasis syari’ah, diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ini. Seperti halnya hotel syariah yang telah hadir di Ibukota, yaitu Hotel Sofyan, yang merupakan hotel yang pada tahun 2002, telah berhijrah dari sistem perhotelan konvensional menjadi syariah. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui Bagaimana Sistem Pelayanan Syariah di Hotel Sofyan Jakarta dan untuk Mengetahui Pengaruh Sistem Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Sofyan.Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, sedangkan alat pengambilan data kuantitatif, peneliti menggunakan metode angket. Selain itu, dalam menentukan narasumber, peneliti menggunakan metode random sampling. Adapun dalam menganalisa data peneliti menggunakan metode statistic inferemsial.Hasil penelitian, berdasarkan hasil analisa kuantitatif melalui regresi berganda, yaitu sebagai berikut: hasil uji t untuk variabel X (Sistem Pelayanan(, menghasilkan Standarized Coefisientssebesar 0,566 dengan signifikan sebesar 0,000 karena signifikan < 0,05 maka dinyatakan bahwa system pelayanan berpengaruh signifikan dalam kepuasan konsumen.Dari tujuan penelitian tersebut, Peneliti berharap agar penelitian ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya, menjadi contoh system pelayanan yang baik untuk hotel syariah ataupun hotel konvensional lainnya. Dan bermanfaat bagi isntitusi yang bersangkutan agar lebih baik lagi dalam mengembangkan pelayanan syariah terhadap konsumen. Kata Kunci : Hotel Syariah, Pelayanan, Hotel Sofyan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis ( D4 Diploma )
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 15:11
Last Modified: 03 Oct 2024 03:01
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/775

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item