Thesis
Published
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 3 SDN 1 GONDANG, SRAGEN TAHUN AJAR 2022/2023
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan serta memiliki banyak keutamaan. Meski demikian, pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih belum optimal jika tidak diterapkan secara bersama-sama. Disisi lain Media pembelajaran ludo salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam suatu pembelajaran agar peserta didik lebih paham dalam pembelajaran karena peserta didik akan memahami jika mereka diberikan metode, model atau media pembelajaran yang unik dan dapat dipahami. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar, peneliti mencoba untuk meneliti pengaruh Media pembelajaran Ludo terhadap hasil belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Media Pembelajaran Ludo terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 3 SDN 1 Gondang tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif-eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 3 SDN 1 Gondang, Sragen, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 34 siswa, menggunakan teknik sample total yang dimana sample total ini semua anggota populasi di gunakan sebagai sample. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dengan dilengkapi beberapa dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus rata-rata uji mann whitney dengan bantuan spss 25.
Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran ludo dengan hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri tahun 2022/2023. Dengan hasil analisis statistic yang menunjukan sig (2-tailed) pada uji man whittney sebesar 0,05>0,049 hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran Ludo berpengaruh dan dapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam.
Berdasarkan kesimpulan, peneliti mengajukan beberapa saran, bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian yang di dapatkan hendaknya untuk siswa dengan adanya media pembelajaran ludo diharapkan menambah semangat dan keaktifan siswa dalam belajar. (2) untuk guru diharapkan mampu kreatif dengan menambah khazanah keilmuannya dan untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajarnya. (3) untuk sekolah. Peneliti mendorong guru-guru nya untuk menerapkan atau berinovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran ludo. (4) untuk para peneliti yang akan datang semoga hasil penelitian ini agar menambah khazanah keilmuan dibidang penelitian eksperimen.
Publication Details
InstitutionUNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
DepartmentPENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Item ID7796
Deposited19 Oct 2025 03:36