Thesis Published

Pengaruh Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 3 MI Nurussalam Dadung Mantingan Ngawi Tahun Ajaran 20222023/M

Nurmala, fatimah
Abstract
Sejarah Kebudayaan Islam adalah sebuah sejarah yang lengkap tentang segala sesuatu yang terjadi dimasa lampau yang berguna untuk bekal kehidupan manusia di masa yang akan datang. Akan tetapi banyak orang melupakan sejarah dan mengabaikannya. Seperti halnya dalam kegiatan pembalajaran Sejarah Kebudayaan Islam sendiri banyak murid yang meremehkan pelajaran tersebut yang disebabkan karena guru yang kurang memvariasikan cara mengajar sehingga anak menjadi bosan dan mengakibatkan kurangnya pemahaman terhadap sejarah islam dan penurunan dalam nilai akademiknya. Dengan demikian guru dituntut untuk mengembangkan strategi dalam belajar. Salah satu contoh strategi yang dapat digunakan dalam menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan yaitu strategi Joyfull Learning, strategi ini memiliki keunggulan yang mana mengajak siswa untuk belajar dengan bermain yang membuat suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan baik dan meningkatkan nilai akademik siswa Tujuan penelitian: yang akan dicapai dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Joyfull Learning terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas 3 MI Nurussalam Mantingan Ngawi Tahun Ajaran 2022/2023M. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan salah satu dari beberapa bentuk penelitian eksperimen yaitu menggunakan Quasi Experimental Design karena peneliti membuat kelompok control dan sampel dipilih secara jenuh atau semua sampel diambil untuk perlakuan dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 3 MI Nurussalam Mantingan Ngawi dengan jumlah dan sampel yang berjumlah 48. Metode yang digunakan dalam pengunpulan data adalah metode tes, analisis data menggunakan rumus-rumus uji Mann Withney dengan bantuan spss 16.0. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian menggunakan uji Mann Withney yang didapkan dengan hasil Asymp.Sig (2-tailed) yaitu 0,006 < 0,05 maka disini dapat dilihat bahwasannya H diterima dan H ditolak. Dengan ini penelitin menyimpulkan bahwa adanya pengaruh Strategi Pembelajaran Joyfull Learning terhadap hasil belajar kelas 3 MI Nurussalam Mantingan Ngawi. Para siswa MI Nurussalam Mantingan Ngawi untuk lebih giat, semangat dan menambah keaktifan dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam karena pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah pelajaran yang membantu memahami sejarah zaman Nabi SAW. Guru, sekolah atau Lembaga MI Nurussalam Mantingan Ngawi diharapkan mampu kreatif dan mendorong para siswa untuk menerapkan atau berinovasi dalam pembelajaran dan mengkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan stretegi pembelajaran joyful learning, karena terbukti adanya strategi tersebut diterapkan mampu meninggkatkan hasil belajar siswa. Para peneliti yang akan datang dapat meneruskan penelitiannya dengan menggunakan penelitian yang sama, yaitu stretegi pembelajaran joyful learning di MI Nurussalam Mantingan Ngawi
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentPENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Item ID7798
Deposited20 Oct 2025 01:36
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics