Thesis
Published
Efektivitas Strategi Pembelajaran The Firing Line Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas 8 SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Ajaran 2022-2023
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Pasalnya pembelajaran Bahasa Arab di instansi tersebut masih dihadapkan kepada beberapa masalah, diantaranya beberapa siswa masih belum lancar dalam membaca huruf hijaiyyah khususnya pada tulisan bahasa Arab sehingga mengakibatkan sulit dalam memahami pelajaran bahasa Arab. Disamping itu, pengajar masih menggunakan metode konvensional yang menyebabkan kegiatan pembelajaran cenderung monoton dan bermalas-malasan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, sehingga peneliti berupaya memberi solusi berupa strategi pembelajaran The Firing Line untuk membantu kegiatan belajar mengajar yang diharapkan peserta didik dapat menguasai materi dalam pembelajaran bahasa Arab.
Berdasarkan pada permasalahan pembelajaran yang telah disebutkan, maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui seberapa efektivitas penerapan strategi pembelajaran "The Firing Line" dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun ajaran 2022-2023 2) untuk mengetahui seberapa besar efektifitas strategi pembelajaran "The Firing Line" dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 8 SMP Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun ajaran 2022-2023
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen Pre-Eksperimental Design dikarenakan tidak adanya variable kontrol dan sampel dipilih secara random, dengan pendekatan One-Shot Case Study dengan tidak adanya pretest sehingga kondisi atau nilai awal variabel dependen tidak diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dipilih secara khusus dengan jumlah populasi 101 orang melalui model sampel pursosive sampling, dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan SPSS versi 16.
Dengan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Adanya efektivitas strategi pembelajaran The Firing Line dalam pembelajaran bahasa Arab dengan bukti bahwa hasil uji Independent Sample T-Test sebesar 0,038 < 0,05. (2) Dan hasil efektivitas dalam penerapan strategi pembelajaran The Firing Line dapat dilihat dari rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen diantaranya 5,13%, dan termasuk dalam kriteria kurang efektif.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti memberikan saran diantaranya: 1) untuk murid untuk memperhatikan pelajaran yang dijelaskan oleh guru, dan aktif dalam proses pembelajaran. 2) untuk guru agar dapat menerapkan beberapa strategi pembelajaran yang lainnya dan khususnya pada strategi pembelajaran "The Firing Line" dalam pembelajaran bahasa Arab. 3) untuk peneliti selanjutnya agar menjadikan penelitian ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk penelitian
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentPENDIDIKAN BAHASA ARAB
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
23rd Dewey Decimal Classification > 400 – Bahasa > 400 - Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Item ID7799
Deposited20 Oct 2025 01:41