Thesis
Published
تحليل الأخطاء الإملائية في مادة الإنشاء لطالبات الصف الخامس بمعهد البركة للتربية الإسلامية الحديثة العام ١٤٤٤ – ١٤٤٣ هـ /٢٠٢٣-٢٠٢٢م
Abstract
Bahasa memiliki empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Melihat pada pembelajaran, keterampilan menulis merupakan keterampilan yang paling tinggi tingkatannya, dan merupakan keterampilan yang produktif. Dasar dalam keterampilan ini ialah imla', khot, dan insya' Pondok Modern Al-Barokah merupakan pondok yang selalu memperhatikan pelajaran imla' dan insya' secara teratur. Adapun pengajaran dan pembelajaran bukanlah suatu hal yang mudah. Kesulitan memusatkan pikiran ke dalam bahasa yang dipelajari merupakan kendala utama yang dihadapi santriwati dalam belajar. Adapun selama praktik berbahasa, santriwati melakukan beberapa kesalahan dalam mengubah bahasa lisan menjadi bahasa tulis yang ada dalam proses menulis. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti akan menganalisis kesalahan, yaitu mempelajari kesalah yang dilakukan siswa dalam menulis insya'.
Berdasarkan latar belakang di atas secara umum penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bentuk-bentuk kesalahan ortografis dalam pelajaran insya'. 2). Mengetahui sebab terjadinya kesalahan ortografis dalam pelajaran insya'. 3). Mengetahui upaya dalam menyelesaikan kesalahan ortografis dalam pelajaran insya' santriwati kelas 5 di Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk tahun ajaran 2022-2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis kesalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi tertulis, adapun analisis data yang digunakan analisis kesalahan ortografis.
Berdasarkan hasil penelitian ini, secara keseluruhan dapat ditemukan: 1.Kesalahan ortografis dalam pelajaran insya' berupa kesalahan dalam penulisan hamzah wasl, hamzah qoth', hamzah layin, penambahan huruf, pengurangan huruf maupun perubahan huruf. 2. Penyebab kesalahan yang terjadi yaitu generalisasi, ketidaktahuan aturan dan batasannya, penerapan tata bahasa yang tidak lengkap dan asumsi yang salah. 3. Upaya yang dilakukan untuk membenarkan kesalahan ortografis yang terjadi yaitu dengan mengikuti aturan ejaan yang benar dalam penulisan hamzah wasl, hamzah qoth', hamzah layin, penambahan huruf, pengurangan huruf.
Berdasarkan hasil analisis di atas peneliti berharap agar guru bahasa Arab umum-nya, dan guru pengampu materi imla' maupun insya' khususnya untuk lebih memperha-tikan pengajaran dengan penguasaan materi berdasarkan kaidah yang ada, dan santriwati untuk mempelajari keterampilan berbahasa dengan baik sehingga dapat menulis insya' .dengan menggunakan kaidah penulisan berupa imla' yang baik
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Bahasa Arab
Item ID7818
Deposited21 Oct 2025 04:17