Thesis
Published
تنفيذ إستيراتيجية Picture and Picture لترقية نتائج تعلم طلاب الفصل الثاني أ في مادة المطالعة بمعهد دار الفكر الإسلامي بفونوروكو العام الدراسي ۲۰۲۳ - ۲۰۲۲ م
Abstract
Pondok Pesantren Darul Fikri Ponorogo adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang berada di daerah ponorogo, yang memadukan antara dua kurikulum yaitu Kemenag dan KMI (Kulliyatul Muallimiin Al-Islamiyah) dalam pengembangan bahasa Asingnya yaitu Bahasa Arab dan Inggrisnya. Dalam proses pengajaran Muthola'ah para guru hanya Menggunakan strategi atau metode yang biasa di pakai di pondok, yang berpengaruh kepada kurangnya keaktifan siswa, dan menyebabkan Nilai siswa yang rendah, maka dari itu perlu ada perbaikan dalam proses pembelajaran yang berlangsung, salah satunya dengan menerapkan strategi Picture and Picture yang mampu meningkatkan Keaktifan dan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini di bagi menjadi dua hal: 1) untuk menjelaskan peningkatan keaktifan siswa kelas 2A di pondok Darul Fikri Ponorogo pada mata pelajaran Muthola'ah dengan menggunakan strategi Picture and Picture, 2) untuk menjelaskan peningkatan Hasil Belajar siswa kelas 2A di pondok Darul Fikri Ponorogo pada mata pelajaran Muthola'ah dengan menggunakan strategi Picture and Picture
Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) "Classroom Action Research", penelitian ini di laksanakan di Pondok Darul Fikri Ponorogo, dan mengambil sample kelas 2 A yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini di laksanakan 2 siklus yang mempunyai beberapa Tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bahwa penerapan strategi Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan siswa, dengan bukti kenaikan sebesar 21,7% dari 59,2% pada siklus pertama menjadi 80,9% pada siklus ke dua 2) Bahwa penerapan strategi Picture and Picture dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dengan bukti kenaikan rata-rata siklus pertama dan kedua sebesar 20 dari Hasil Belajar 37% dengan jumlah 7 siswa yang lulus dengan nilai rata-rata 56,3 pada siklus pertama dan 89% dengan jumlah 17 siswa yang lulus dengan nilai rata-rata 77,3 siklus kedua
Dari kesimpulan di atas peneliti mengharapkan: 1) bagi guru di harapkan untuk aktif dalam menerapkan strategi yang cocok untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran bahasa arab 2) bagi siswa kelas 2A Pondok Darul Fikri diharapkan agar tetap memperhatikan guru saat pembelajaran, baik menggunakan strategi Picture and Picture maupun strategi yang lainya. 3) kepada peneliti selanjutnya di harapkan dapat mengambil wawasan dan refrensi untuk mengembangkan dan menerapkan Strategi Picture and Picture dalam Pembelajaran.
Publication Details
Institutionuniversitas darussalam gontor
DepartmentPENDIDIKAN BAHASA ARAB
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Item ID7827
Deposited27 Oct 2025 04:14