Thesis
Published
PERBEDAAN MEDIA SLIDE DAN BOOKLET MENGENAI PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG (PUGS) DAN JAJANAN SEHAT TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PELAJAR MAN TEMPURSARI NGAWI
Abstract
Latar belakang : Pemilihan makanan yang tidak tepat serta perilaku
gizi yang tidak seimbang dapat menimbulkan berbagai permasalahan gizi,
hal tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya informasi yang didapat dan
akan mempengaruhi pengetahuan dan sikap para pelajar mengenai praktik
gizi seimbang. Media booklet dan media slide sebagai alternatif yang dapat
digunakan untuk memberikan informasi terkait gizi seimbang dan jajanan
sehat. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan
media slide dan booklet terhadap pengetahuan dan sikap pelajar Metode
: Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan pre-post test group
design. Jumlah subjek sebanyak 63 yang dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu
kelompok A diberikan edukasi gizi dengan media slide (n=21) dan kelompok
B diberikan edukasi dengan media booklet (n=21), serta kelompok C tanpa
media (n=21), masing-masing dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan. Data
pengetahuan dan sikap gizi diperoleh dari pengisian kuesioner sebelum dan
setelah edukasi. Perbedaan edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap
pada ketiga kelompok diuji menggunakan uji Wilcoxon, uji Kruskall Wallis,
dan dilanjutkan dengan uji post-hoct Mann-Whitney. Hasil : Selisih pre-
post test pengetahuan media booklet sebesar 14,29 dan selisih pre-post
test pengetahuan media slide sebesar 21,9, serta selisih pre-post test sikap
media booklet sebesar 2,33 dan selisih pre-post test sikap kelompok control
sebesar 1,86. Kesimpulan : Terdapat perbedaan peningkatan pengetahaun
terhadap kelompok penelitian menggunakan media slide dan media booklet
dengan nilai p=0,000 (<0,05), Tidak Terdapat perbedaan peningkatan sikap
terhadap kelompok penelitian menggunakan media slide dan media booklet
dengan nilai p=0,448 (>0,05).
Kata Kunci : Booklet, Pelajar, Sikap, Slide.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Kesehatan
Item ID786
Deposited05 Nov 2020 15:23