‘Aziz Hafidhi, Muhammad Nur (2020) العاشر الفصل تالميذ أخالق هتذيب يف اإلسالمية الرتبية معلمي دور : الدراسي العام الشرقية جاوي فونوروكو 2 احلكومية العالية املدرسة يف م 2019 –2018. D4 Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT
Aziz nur fiks.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan akhlak menekankan pada sikap, tabi’at dan perilaku yang menggambarkan nilai–nilai kebaikan yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasan anak didik dalam kehidupan sehari–hari. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk memperhatikan budi pekerti anak dengan baik, karena akhlak ini merupakan implikasi dan cerminan dari tauhid kepada Allah SWT. Maka, guru adalah figur manusia yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan akhlak. Seorang guru bukan hanya seorang pengajar saja, akan tetapi juga sebagai pendidik yang dapat mengarahkan siswa-siswinya. Untuk membina sikap murid disekolah, dari sekian banyak guru, guru bidang studi agamalah yang sangat menentukan, sebab pendidikan agama sangat menentukan dalam hal pembinaan sikap siswa karena banyak membahas tentang pembinaan sikap, yaitu mengenai Aqidah dan Akhlak. Untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam di MAN 2 Ponorogo dalam membina akhlak siswa-siswanya, maka peneliti mengambil masalah tersebut untuk dijadikan sebagai judul penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mengetahui peran guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo Jawa Timur tahun ajaran 2018-2019 M. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat fungsi peran guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo Jawa Timur tahun ajaran 2018-2019 M. Penelitian ini termasuk penelitian , untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo Jawa timur tahun ajaran: 2018-2019 M. sedangkan untuk mengelola data-data tersebut sehingga dapat mencapai pada kesimpulan yang sempurna maka peneliti menggunakan analisis yaitu, , yang berarti penelitian merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, yaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilan kesimpulan () dari data yang terkumpul. Dari hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa: 1) Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya membentuk, mengarahkan, dan membina siswa sehingga ia mampu menjadikan seorang siswa berakhlak baik dalam kehidupan sehari-hari. Peran yang diterapkan para guru adalah sebagai berikut: a) Sebagai pengarah di dalam kelas, guru mengarahkan para siswa untuk selalu berperilaku baik melalui materi pelajaran agama seperti, aqidah akhlak, qur’an hadist dan lain sebagainya, b) Sebagai contoh yang baik, guru selalu memberikan contoh yang baik kepada para siswa terutama jika berkaitan dengan akhlak, sehingga mereka akan mengikuti semua yang telah dicontohkan oleh guru tersebut, c) Sebagai evaluator, guru tidak hanya mengevaluasi hasil belajar siswa, akan tetapi juga mengevaluasi setiap perilaku mereka. Guru wajib menegur siswa yang melanggar disiplin, apalagi jika berkaitan dengan adab sopan santun. 2) Faktor penghambat dan pendukung peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo yaitu sebagai berikut: a) Faktor pendukung: (1) Tenaga pendidik yang profesional, (2) Partisipasi aktif komponen sekolah, (3) Materi pelajaran keagamaan guru, (4) Sarana dan prasarana yang memadai. b) Faktor penghambat: (1) Pengaruh dari lingkungan luar sekolah, (2) Perilaku dan latar belakang siswa yang berbeda, (3) Terbatasnya waktu guru dalam mengawas siswa. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti memberi saran untuk: 1) dewan guru: a) agar lebih meningkatkan pengetahuan tentang ilmu khususnya keagamaan sehingga dapat mengajar siswa dengan lebih baik, b) agar setiap guru mengawasi dan memberikan nasehat kepada para siswa di semua kegiatan. 2) siswa/siswi: agar setiap siswa dapat dengan baik mengikuti semua kegiatan yang ada di madrasah. 3) peneliti selanjutnya: agar bisa meneliti masalah ini dengan lebih detail dan baik dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 07 Nov 2020 13:26 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:05 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/840 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |