Thesis
Published
العلوم مقنع معهد لطالب العربية القراءة مهارة ترقية يف النحو معلم دور جيمبري سوكورجيو 2019-2018م الدرسي: العام
Abstract
Pada hakikatnya tolak ukur kesuksesan santri dalam pembelajaran di Pondok
Pesantren Maqnaul Ulum tidak hanya ditumpang dengan kecerdasan yang dimiliki,
melainkan ada faktor lain yang berpengaruh akan hal tersebut, faktor itu adalah ketrampilan
berbahasa Arab. Ketrampilan berbahasa adalah ketrampilan yang dimiliki oleh setiap
orang untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya antar sesama makhluk ciptaan
Allah. Ketrampilan berbahasa diantaranya ialah: Ketrampilan mendengar, ketrampilan
berbicara, ketrampilan membaca, dan ketrampilan menulis. Kemampuan ini tidak datang
begitu saja, namun ia membutuhkan yang terus menerus dalam penanamannya, baik dalam
lingkungan sekitar maupun beberapa orang yang berperan dalam kehidupan santri. Salah
satu pihak yang bertanggung jawab dan beperan penting dalam meningkatkan ketrampilan
berbahasa arab di Pondok Pesantren Maqnaul Ulum adalah guru Nahwu, karena di Pondok
ini diajarkan dua buku Nahwu dengan metode yang berbeda dalam pengajarannya. Oleh
karena itu, peran guru Nahwu sangat bertanggung jawab lebih atas peningkatan ketrampilan
berbahasa Arab santri.
Tujuan penelitian: (1) mengetahui kegiatan-kegiatan yang membantu dalam
meningkatkan ketrampilan berbahasa santri di Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukorejo
Jember. (2) Mengetahui peran guru Nahwu menggunakan metode pembelajaran dalam
meningkatkan ketrampilan membaca santri di Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukorejo
Jember. (3)Mengetahui peran guru nahwu menggunakan media pembelajaran dalam
meningkatkan ketrampilan membaca santri di Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukorejo
Jember.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapat data yang
diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, serta dekomentasi.
Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai upaya guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa arab, sedangkan observasi dan dokumentasi
digunakan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran serta menggali data tentang sarana dan
prasarana pondok. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Dari data yang dianalisis dapat diketahui hasil penelitiannya adalah: (1)kegiatan-
kegiatan yang membantu meningkatkan ketrampilan membaca bahasa arab santri yaitu(a)
Pembelajaran kosa kata bahasa arab, (b) Percakapan bahasa arab, (c) Persidangan bahasa,
(d) Sosialisasi bahasa, (e) Seni drama antar kelas, dan (f) Pembelajaran kitab kuning. (2)
Peran guru Nahwu dengan menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan
ketrampilan membaca santri di Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukorejo Jember guru
sebagai Motivator. (3) peran guru Nahwu dengan menggunakan media pembelajaran dalam
meningkatkan ketrampilan membaca santri di Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukorejo
Jember guru sebagai Pendidik dan guru sebagai Fasilitator.
Berdasarkan penelitian tersebut peneliti mengharapkan: (1) Diharapkan bagi
guru untuk menambah kegiatan kebahasaan yang bermacam-macam dan menarik. (2)
Diharapkan bagi guru untuk lebih semangat lagi dalam mengajar dengan menggunakan
metode pembelajaran yang bermacam-macam.(3) Diharapkan bagi guru agar menambah
media pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas yang lenih menarik.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID880
Deposited08 Nov 2020 03:49