Thesis
Published
Implementasi Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N 1 Jetis Ponorogo Tahun Ajaran 2018-2019)
Abstract
Berbagai upaya untuk meningkatkan pendidikan agama islam telah ditempuh pemerintah,
sumbangan pemikiran untuk mempertahankan konsistensi pendidikan agama sebagai bagian integral
dari konsep pendidikan nasional. Namun realita menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan
agama islam disekolah masih mendapatkan perhatian yang serius terutama menyangkut aspek
metodologi pembelajaran yang bersifat monoton, pelaksanaan pendidikan agama islam yang terjadi
selama ini lebih berorientasi pada guru aktif dan mencapai target.penggunaan metode pembelajaran
yang kurang bervariasi juga merupakan fakta yang tidak dapat diingkari, sebagai konsekuensinya
siswa cenderung bersikap pasif sehingga proses pembelajaran tidak dapat berjalan secara maksimal.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut; 1.
Bagaimana implementasi pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran
pendidikan agama islam kelas VII di SMP N 1 Jetis Ponorogo pada tahun ajaran 2018-2019, 2.
Bagaimana respon siswa terhadap implementasi PAKEM pada mata pelajaran pendidikan agama
islam kelas VII di SMP N 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematis mengenai masalah-masalah
yang terjadi dilapangan. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu; observasi,
interview dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melalui tiga cara
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1. Implementasi pembelajaran aktif kreatif efektif dan
menyenangkan pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP N 1 Jetis Ponorogo
yaitu denga cara dibuatnya kelompok-kelompok sehingga didalam kelompok tersebut siswa dapat
berdiskusi, bertukar fikiran, mengemukakan pendapat dan diakhir dapat mempresentasikan hasil
dari diskusi mereka. Metode tersebut sangat sesuai dengan konsep PAKEM karena dengan adanya
metode tersebut keaktifan siswa dapat meningkat karena setiap kelompok memiliki tanggung jawab
untuk memainkan peranya. 2. Respon siswa terhadap implementasi PAKEM pada mata pelajaran
pendidikan agama islam kelas VII sangat beragam. Beberapa siswa merasakan kenyamanan saat
belajar apalagi ketika guru memberikan metode pembelajaran yang berbeda disetiap pertemuan.
Kemudian selain metode pembelajaran yang bervariasi guru lebih banyak mengaitkan materi
yang diajarkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Hal tersebut membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru saat proses
pembelajaran dikelas.
Dari penelitian diatas peneliti memberikan saran kepada, 1. Saran untuk sekolah agar penerapan
model pembelajaran PAKEM yang sudah berjalan dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi dan
pihak sekolah agar selalu memberikan dukungan penuh kepada para guru dengan menyediakan
berbagai kebutuhan penunjang penerapan model pembelajaran PAKEM disekolah. 2. Saran untuk
guru khususnya guru mata pelajaran pendidikan agama islam agar model pembelajaran PAKEM
ini dijadikan sebagai salah satu pilihan yang dapat diterapkan agar proses pembelajaran lebih aktif
kreatif efektif dan menyenangkan. 3. Saran untuk siswa, penerapan model pembelajaran PAKEM
ini diharapkan bisa menjadikan siswa untuk lebih aktif dan lebih bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran dikelas.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID889
Deposited08 Nov 2020 05:00