Isa, Muhammad (2020) تحلیل اختلاف الأسعار بناءً على حالة المستهلك في العملية التجارية في نظر أخلاقية الأعمال التجارية الشرعية (دراسة حالة في الجمعية التعاونية لرفاهية الأسرة معهد دار السلام كونتور). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (cover)
1. cover.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (249kB) |
|
FILE TEXT (abstrak)
2. abstrak.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (829kB) |
|
FILE TEXT (daftar isi)
3. daftar isi.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (170kB) |
|
FILE TEXT (bab 1)
4. bab 1.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
FILE TEXT (bab 2)
5. bab 2.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
FILE TEXT (bab 3)
6. bab 3.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
FILE TEXT (bab 4)
7. bab 4.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (701kB) |
|
FILE TEXT (refrensi)
8. refrensi.pdf Exclusive to Repository staff only License Creative Commons Attribution. Download (282kB) |
Abstract
ABSTRAK Analisis Penetapan Harga yang Berbeda Berdasarkan Status Konsumen pada Jual- beli ditinjau dari Etika Bisnis Syariah (Studi Kasus di Unit Usaha Kesejahteraan Keluarga (UKK)) Muhammad Isa 372016322754 Dalam berniaga atau berbisnis tidak luput dari pantauwan syariah, semua sudah diatur dalam Islam, tentang jual beli, penetapan harga, dan segala yang berkaitan dengan muamalah. Islam telah mengatur dengan sedemikian rupa dengan Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman hidup manusia. Semua ini terangkum pada Etika Bisnis Syariah yang mana bisnis yang dijalankan oleh ummat muslim harus memiliki etika yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Unit Usaha Kesejahteraan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor dalam menetapkan harga masih membedakan antara konsumen yang membeli dari setatus konsumen tersebut. Sebagaimana permasalahan yang peneliti temukan di lapangan, penjual di toko tersebut memberikan harga yang berbeda terhadap konsumen yang berbeda dikarenakan perbedaan status konsumen tersebut. Di dalam ekonomi Islam jangan sampai penetapan harga suatu barang yang hendak dijual terhadap konsumen bersifat zolim. Adapun tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui tinjauaan Etika Bisnis Syariah terhadap penetapan harga yang berbeda terhadap konsumen yang berbeda status di Unit Usaha Kesejahteraan Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Adapun untuk mendapatkan data-data terkait perbedaan harga tersebut, penulis melakukan 2 cara yaitu dengan menggunakan ovservasi, wawancara. Sedangkan untuk menganalisis hukum islam dan Etika Bisnis Syariah pada penetapan harga yang dilakukan oleh UKK penulis menggunakan metode induktif.. Berdasarkan data hasil penelitian tentang penetapan harga berdasarkan klasifikasi konsumen menurut etika bisnis Islam bahwa Penetapan harga barang yang dilakukan oleh penjual di UKK bahwa harga yang diberika kepada santri dan guru lebih mahal dibandingkan dengan harga yang diberika kepada warga sekitar, dikarenakan satri dan guru sudah menjadi konsumen tetap, dan untuk menarik minat pembeli dari warga sekitar maka UKK memberikan harga yang sedikit murah. Kata Kunci: Unit Usaha Kesejahteraan Keluarga PMDG, Penetapan Harga, Etika Bisnis Syariah
Statistics Downloads of this Document
View Item |