Search for collections on UNIDA Gontor Repository

أتطبيق قيمة النظرية السلوكية يف اإلمالء لطالب الفصل الرابع مبعهد اإلميان اإلسالمي للبنني جنامباكان ابجنونرجيو سوكورجيو فونوروكو جاوى الشرقية العام الدراسي: 2018 –2019

Muflih, Muhammad (2019) أتطبيق قيمة النظرية السلوكية يف اإلمالء لطالب الفصل الرابع مبعهد اإلميان اإلسالمي للبنني جنامباكان ابجنونرجيو سوكورجيو فونوروكو جاوى الشرقية العام الدراسي: 2018 –2019. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (COVER)
MUFLIH COVER.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)
[img] FILE TEXT (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (75kB)
[img] FILE TEXT (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)
[img] FILE TEXT (BAB 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (256kB)
[img] FILE TEXT (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (297kB)
[img] FILE TEXT (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (113kB)
[img] FILE TEXT (REFERENSI)
REFERENSI.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

Pondok Pesantren Al-Iman Putra adalah salah satu lembaga pendidikan islam di Indonesia yang menerapkan kurikulum pengajarannya dengan bahasa arab dan inggris sebagai Bahasa pengantarnya, sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan bahasanya. Salah satu materi pelajaran bahasa arab yang di ajarkan di KMI adalah al imla yang mulai diajarkan pada kelas satu KMI sampai kelas empat, pembelajaran materi ini bertujuan untuk menggali kemampuan siswa agar dapat menulis kata Bahasa Arab yang baik dan benar, membedakan makharijul huruf dalam kalimat dengan susunan Arab yang baik dan benar, serta mempunyai insting yang tajam dalam berbahasa Arab. Dalam metode pembelajaran Al Imla guru dituntut untuk mengajar pelajaran ini dengan cara yang efektif dan efisien, serta siswa juga dituntut untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti materi ini karena Al imla merupakan kunci dari semua materi bahasa Arab yang pernah dipelajarinya mulai dari kaidah nahwu dan sorof, Al Muthola'ah,Al Balaghah, Al Insya, Al khot, Tarikhul Hadoroh dll. Walaupun dalam kenyataannya masih belum maksimal hasil dari pembelajaran tersebut dikarenakan beberapa faktor kendala yang dialami oleh guru dan siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui nilai-nilai teori Behaviorisme didalam belajar (2) Mengetahui penerapan nilai-nilai teori Behaviorisme didalam Imla. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, metode interview, metode written record, dan metode triangulasi. Analisis data yang dipakai mengacu pada Miles dan Hubberman, yaitu: Reduksi data, display data, dan analisis data, serta kesimpulan dan verifikasi. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa: (1) Problematika belajar Al Imla Dalam bagi siswa kelas 4 KMI yaitu: (a) Lemahnya bahasa Arab, (b) Kurang menjaga buku catatan, (c) Susah dalam membedakan makharijul huruf yang hampir sama, (d) Susah dalam menyusun kalimat Arab, (e) Merasa bosan dengan metode pengajaran yang ada, (f) Tidak adanya rasa percaya diri /cepat putusasa, (g) Kurang paham terhadap kaidah imla khususnya bab penulisan hamzah, (h) Penjelasan guru yang kurang jelas dan kurang contoh, (i) Malas mengerjakan latihan. Adapun Usaha-usaha guru dalam memberikan solusinya adalah: (a) Memberikan perhatian khusus dan membantu mereka dalam meningkatkan bahasa Arab, (b) Mengingatkan kepada siswa tentang pentingnya buku catatan yang sudah tertulis pembetulan dari guru dari materi-materi yang telah dipelajarinya dan guru supaya memberikan hukuman yang berpendidikan kepada siswa yang menghilangkan buku catatannya seperti menulis ulang dll, (c) menganjurkan kepada siswa untuk banyak membaca makalah-makalah Bahasa Arab atau pelajaran Mutholaah, (d) Menasehati dan membimbing siswanya yang kurang percaya diri supaya bisa lebih percaya dengan kemampuan yang dimilikinya Dari penelitian sederhana ini, peneliti berharap akan ada penelitian selanjutnya secara lebih rinci dan lebih mendalam mengenai penerapan nilai-nilai Teori Behaviorisme dalam pembelajaran Al Imla. Besar harapan agar dapat melengkapi kekurangan yang ada saat ini agar menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: febriana maghfiroh
Date Deposited: 10 May 2023 07:00
Last Modified: 05 Jun 2023 02:31
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2645

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item