Journal Article
Published
Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta
Abstract
Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman pendidikan agama di sekolah serta lingkungan masyarakat yang
kurang memadai terlaksananya pendidikan agama. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, hasilnya
menunjukkan bahwa 1). Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP Bina Anak Sholeh boarding school Yogyakarta
berupa pendidikan tauhid shahih yang itba‟ kepada rasul dan sahabat. Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP bina
anak sholeh boarding school terintegrasi kedalam kurikulum, yaitu dengan mengkolaborasikan kurikulum nasional dan
kurikulum yayasan, dengan materi tambahan yaitu kitab burhan, nahwu shorof, tahfidzul qur‟an dan tahsinul qiroah dengan
pembelajaran tauhid (kitab burhan) menjadi pembelajaran utama sebagai kurikulum yayasan, dengan menggunakan
berbagai metode antara lain: (a). ceramah. (b). demonstrasi (c). diskusi. (d). simulasi (e). pengalaman lapangan. (f). halaqoh
(g). sima‟an dan (h). tanya jawab, yang dilaksanakan pada corekurikuler,, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler. 2). faktor
pendukung implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta
adalah sebagai berikut: (a) sumber daya manusia yang memenuhi kompetensi. (b). adanya pembinaan guru-guru SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta.(c). Mengkolaborasikan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. d). bersistem boarding school (pesantren). sedangkan faktor penghambat dalam implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta antara lain adalah: a). guru kurang menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. b). latar belakang siswa yang berbeda-beda.
Publication Details
JournalImplementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta
Volume5 (2)
Pagespp. 457-465
ISSN2655-0695
Item ID2676
Deposited08 May 2023 02:36