Syarifah, Syarifah (2022) Integrative Thematic Learning Praxis of PPKn at MI Miftahul Huda Jepara. Integrative Thematic Learning Praxis of PPKn at MI Miftahul Huda Jepara, 5 (2). pp. 152-165. ISSN 2656-7296
FILE TEXT (Jurnal)
Plagiarism.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (424kB) |
|
FILE TEXT (Plagiarism)
Jurnal Awwaliyah_15 Des 22.pdf License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (372kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik integratif mata pelajaran PPKn di MI Miftahul Huda, mengetahui hambatan yang muncul dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif mata pelajaran PPKn di MI Miftahul Huda, dan mengetahui solusi dalam menghadapi problematika pembelajaran tematik integratif mata pelajaran ini. Guna mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder. Subjek penelitian yaitu guru kelas 1 MI Miftahul Huda. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji kreadibilitas dan triangulasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan kelas yang kurang maksimal, kemampuan membaca dan menulis yang rendah, ketidakaktifan peserta didik dalam pembelajaran, metode pembelajaran kurang menarik, dan alokasi waktu yang kurang. Solusi yang ditempuh pihak sekolah dalam menghadapi problem tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan kepada guru, menawarkan berbagai macam metode, media, dan strategi pembelajaran yang variatif, dan memberikan jam tambahan kepada peserta didik yang lamban dalam membaca dan kurang memahami materi pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PAK Fakultas Tarbiyah |
Date Deposited: | 08 May 2023 04:01 |
Last Modified: | 08 May 2023 04:01 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2679 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |