Journal Article
Published
FA’ĀLIYAH MIND MAPPING LI TARQIYAH NATĀIJ TA’ALLUM AL THĀLIBĀT FĪ MĀDAH AL NAHWI
Abstract
Pengajaran bahasa asing membutuhkan metode dan strategi yang efektif, mind mapping
merupakan salah satu metode pengajaran yang efektif, sehingga peneliti menggunakan
metode ini untuk mengajarkan nahwu pada santriwati kelas 3. Selain pembelajaran di
dalam kelas kegiatan latihan, pembiasaan, dan pengulangan di luar kelas juga sangat
diperlukan guna menunjang keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas penerapan Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar nahwu
siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus I. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 39 siswi. Pelaksanaan
penelitian terdiri dalam dua siklus, untuk setiap siklus terdapat empat langkah yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa
penerapan Mind Mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar nahwu pada siswi kelas
III F Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 1, persentase keberhasilan siswi
sebelum penerapan mind mapping adalah 26% dari 39 siswa, presentase keberhasilan ini
naik pada siklus pertama yaitu 76%, dan pada siklus kedua naik menjadi 85%.
Publication Details
JournalTa’lim al-‘Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban
Volume06 (02)
Pagespp. 204-222
ISSNP-ISSN: 2721-5237 | E-ISSN: 2549-208X
KeywordsMindMapping، نتائج التعليم، النحو
Item ID2766
Deposited12 Jun 2023 03:56