Thesis Published

PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Rusty, Latifah Rosyid Amin Yuliana Dewi
Abstract
Pendidikan merupakan proses perkembangan yang memiliki tujuan, secara alamiah proses perkembangan itu adalah proses pendewasaan, sebab potensi yang paling alamiah yang dimiliki manusia manusia adalah pertumbuhan atau proses pematangan. Proses perkembangan yang ditandai dengan perubahan sikap seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk faktor internal dari diri individu dan faktor eksternal yaitu lingkungan sekitar. Akhlak merupakan keadaan batin manusia yang menjadi sumber lahirnya perbuatan tanpa berfikir. Seseorang dengan pemahaman dan pengetahuan akan pendidikan akhlak terpuji akan menempatkan dirinya sesuai pada tingkat keadaan yang minim kemungkinan untuk melakukan tindakan yang merugikan orang lain ataupun melanggar norma sosial. Pembelajaran Aqidah Akhlak di sekolah dapat menjadi solusi bagi berbagai perilaku menyimpang. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan metode survey. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 responden yang diambil dari kelas VII di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul Yogyakatarta. Metode pengumpulan data data yang digunakan adalah Dokumentasi dan Angket yang kemudian instrumen tersebut diuji Valditas dan Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbuch yang diolah menggunakan SPSS versi 26. Analisi data yang dengan Uji Analisi Deskriptif dan Uji Prasyarat yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Dengan hasil tidak homogen selanjutnya untuk mencari adanya pengaruh antar kedua variabel menggunakan Uji Rank Spearman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1)Hasil Belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VII berada pada kategori baik sekali dengan rata-rata pencapaian pada penilaian tengah semester pada materi Aqidah Akhlak sebesar 83,15. 2) Perilaku sosial siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul Yogyakarta berada pada kategori baik dengan kecenderungan perilaku sebesar 82,25. 3) Tidak terdapat pengaruh antara hasil belajar Aqidah Akhlak dengan sikap sosial, karena nlai signifikan yang diperoleh sebesar 0,858 lebih besar dari 0,05. Diharapkan dari penelitian ini, dapat berguna untuk meningkatkan sikap sosial siswa agar lebih baik. Sehingga dapat tercapainya tujuan dari pendidikan Islam, yaitu terbentuknya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat rohani badani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Item ID3266
Deposited07 Sep 2024 06:37
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics