amin, muhammad (2024) HAKIKAT MANUSIA MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. S1 Undergraduate thesis, University of Darussalam Gontor.
Abstract
Pendidikan Islam di saat ini telah mengalami kemrosotan, tidak hanya pada kurikulum, pengajaran, dan guru, terutama pada filosofi sebagai dasar pendidikan. Degradasi ini dipengaruhi oleh kolonialisme. Setelah mencapai kemerdekaan, banyak negara muslim yang mengadopsi sistem pendidikan Barat. Yang memiiki filosofi tersendiri berdasarkan pandangan nilai-nilai sekuler. Pendidikan Barat berkopetensi agar siswa memiliki kompeten dalam bidang akademik dan juga keterampilan, dalam mempersiapkan konstribusi negara dalam mencapai kemakmuran. Al-attas mengajukan filosofi pendidikan Islam yang di dasarkan pada konsep ta’dib, bukan tarbiyah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeksripsikan hakikat manusia menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas (2) Untuk Mengeksplorasi kolerasi konsep manusia dan pendidikan pada pemikiran al-Attas Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis yang berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal dengan meneliti akar permasalahan secara kritis dalam penelitian mengenai Hakikat manusia menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Pengumpulan data menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research), yaitu penelitian dengan meneliti buku, manuskrip atau jurnal dari dokumen-dokumen yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan dalam penelitian. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan: 1. Manusia menurut al-atas disebut sebagai insan, hewan rasional dan mikro kosmos; manusia berunsurkan subtansi fisik dan nonfisik (ruh,nafs, aql dan kalb); tujuan manusia diciptakan untuk ibadah dan khalifah 2. Merujuk pada hakikat manusia yang demikian maka terdapat relasi dengan Pendidikan yaitu; pertama, relasi dimensional dimana dimensi Pendidikan islam meliputi Pendidikan jasmani ruh, akal, dan jiwa dan qalb; kedua, relasi tujuan yakni tujuan Pendidikan Islam harus merujuk pada tujuan penciptaan manusia yakni khalifah dan ibadah Peneliti mengkui penelitian ini masih jauh darikata sempurna. Saran dan kritik dari pembasa selalu diharapkan. Keyword: Hakikat manusia, Al Attas, Pendidikan Islam, Dimensi Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | skripsi: Muhammad Roisul Amin NIM: 412020224066 |
Uncontrolled Keywords: | Keyword: Hakikat manusia, Al Attas, Pendidikan Islam, Dimensi Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor > Aqidah Filsafat Islam |
Depositing User: | 44 Muhammad roisul amin |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 11:39 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 11:41 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3482 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |