Azkiyatul Muslimah, Kiki (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SANTRIWATI KELAS TIGA PADA MATA PELAJARAN “USHUL TARBIYAH” DIPONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 1437-1438 H. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
341111369-all skripsi kiki.pdf Download (4MB) |
Abstract
Prestasi adalah suatu hasil yang didapat setelah menyelesaikan pekerjaan dengan baik, prestasi belajar akan di peroleh siswi apabila seorang guru memiliki kompetensi yang profesional. Karena guru sebagai pemeran utama dalam perubahan siswi untuk menjadi lebih baik setelah terjadinya proses belajar mengajar. Guru di sini berperan penting bagi perubahan siswi pada segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Keprofesionalan guru dalam mengajar menjadi sangat besar pengaruhnya bagi prestasi siswi yang hendaknya dilihat melalui nilai siswi, karena terjadinya penurunan nilai anak dari tahun ke tahun, maka peneliti akan meneliti tentang hubungan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar santriwati kelas tiga pada mata pelajaran “Ushul Tarbiyah” di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H Tujuan dari penelitian ini di antaranya untuk mengetahui: (1) nilai kompetansi profesional guru mata pelajaran “Ushul Tarbiyah” kelas tiga di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H, (2) prestasi belajar siswi pada pelajaran “Ushul Tarbiyah” kelas tiga di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H, (3) Hubungan antara profesional guru dengan prestasi belajar mata pelajaran “Ushul Tarbiyah” kelas tiga di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif, sampel yang digunakan dengan mengambil taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 101 orang dari populasi sejumlah 145 orang. Untuk mendapatkan nilai kompetensi profesional guru dapat diperoleh melalui angket yang disebar kepada santriwati kelas tiga dengan menggunakan rumus Mean Selanjutnya, untuk mengetahui prestasi belajar santriwati pelajaran Ushul Tarbiyah kelas tiga, peneliti memperoleh data dari data KMI melalui hasil ujian santriwati pada ujian semester pertama tahun 1437-1438 H dengan menggunakan rumus . Langkah terakhir adalah membuktikan hubungan antara variabel X dan variabel Y dengan rumus Korelasi Kofisien Kontingensi dengan bantuan komputerisasi yaitu SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil kompetensi profesional guru melalui angket dengan rata-rata sebesar 65,05 atau masuk kategori sedang. (2) nilai yang didapat oleh siswi pada pelajaran Ushul Tarbiyah adalah 370,5 dengan jumlah santriwati 101, maka rata-rata prestasi pelajaran Ushul Tarbiyah kelas 3 1437-1438 H 3,66 dengan kategori rendah. (3) adanya hubungan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar santriwati kelas 3 pada mata pelajaran ushul tarbiyah di Gontor Putri kampus 2 dengan indeks korelasi 0,547 setelah membandingkannya dengan table r Product moment dengan df 100 pada taraf signifikasi 5%=0,256, dan hubungan yang ada merupakan hubungan yang sedang, karena berada pada kisaran 0,41- 0,70. Dari hasil penelitian di atas, diharapkan untuk: (1) Bagi pengajar seluruh pelajaran untuk memperhatikan kompetensi profesional guru, karena ini berpengaruh terhadap prestasi belajar siswi. (2) Bagi pengajar santriwati Gontor Putri Kampus 2 untuk mengevaluasi cara mengajar dengan baik dan menarik. (3) Bagi peneliti yang akan datang diharapkan untuk meneliti kompetensi guru dalam bidang lain, seperti kompetensi kepribadian, pedagogik, dan sosial.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 01:26 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 12:41 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/414 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |