Akbar Hafiduddin, Zaky (2017) تطبيق قيم الصدق في نفوس طلبة الفصل الحاديعشر من خلال مادة العقيدة والأخلاقبالمدرسة العالية الحكومية الثانية فونووكو العام الدراسي ٢٠١٦-٢٠١٧م. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
341111070-Fullskrpsi -Zaky Akbar Hafiduddin.Pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kejujuran merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan diri sebagai orang yang selalu dapat dipercaya. Halini diwujudkan dalam hal perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri sendiri maupaun pada pihak lain. Kejujuran merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan diri sebagai orang yang selalu dapat dipercaya, baik terhadap diri maupaun pihak lain. kejujuran merupakan sikap lurus ketikadihadpkan pada beberapa pilihan sikap yang baik atau yang buruk yang orang lain tidak mengetahuinya. Sehingga dengan sikap ini manusia bisa menjadi pribadi yang luhur dan mampu bermanfaat bagi orang lain.Sejalan dengan itu pendidikan agama harus diprioritaskan dalam pembentukan karakter bangsa. Maka, agama harus menjadi sumber pembentukan dan penguat nilai-nilai etika, moral dan karakter bangsa Indonesia. Karena itu, pendidikan menjadi pionir dalam pembetukan karakter. Sehingga pelajaran-pelajaran yang ada di sekolah-sekolah harus menanamkan nilai-nilai karakter.Kaitannya dengan pelajaran-pelajaran yang ada di sekolah-sekolah harus mempunyai nilai religius. Kali ini peneliti akan melakukan penelitian tentang internalisai nilai kejujuran yang terdapat pada pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI MAN 2 Ponorogo.Setelah melihat latar belakang masalah diatas maka tujuan penelitian adalah 1) untuk menngetahui metode pembelajaran pada pelajaranmateri Aqidah Akhlaq yang mengandung nilai kejujuran 2) untuk mengetahui penerapannilai kejujuranmelalui pelajaranAqidah Akhlaqdi MAN 2 Ponorogo.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Dan untuk mendapatkan data yang signifikan, maka peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga mendapat data yang jelas tentang proses internalisasi nilai kejujuaran pada pelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI MAN 2 Ponorogo. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teori miles and huberman yang mencakup tiga langkah yaitu: 1) reduksi data 2) penyajian data 3) kesimpulan.Setelah peneliti melakukan penelitian melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi maka hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bahwa metode yang digunakan guru untuk pengajara pelajaran yang mengandung nilai kejujuran yaitu dengan melihat materi yang akan diajarkan dan metode yang bisa dipakai ialah metode diskusi, metode ceramah, metode pemberian tugas. 2) Proses penerapannilai kejujuranmelalui pelajaranAqidah Akhlaq yang dilakukan oleh MAN 2 Ponorogo adalah berupa pemberian skor kepada siswa yang melanggar selanjutnya apabila skornya telah mencapai angka maksimal maka sekolah akan memangggil orang tua mereka. Dan ada kegiatan penunjang dalam proses internaliasi yaitupembetukan panitia yang mana anak yang bertanggung jawab secara keseluruhan dan guru hanya sebagai pendamping saja. Maka dari sini akan kelihatan loyalitas mereka.dan jugaadanya kantin kejujuran sebagai penunjang nilai kejujuran para siswa.Maka harapan peneliti dari penelitian ini adalah 1) untuk para guru pengajar materi Aqidah Akhlaq agar menggunkan metode yang sesuaidengan materi yang akan diajarakan supaya murid tidak proses pembelajran 2) untuk sekolah agar mengedepankan nilai sosial dan nilai spiritual dalam penanaman nilai dan juga bekal bagi peserta didik di masa yang akan yang datang 3) bagi peneliti selanjutnya agar membahas penelitian ini lebih mendetail dan juga evaluasi pagi peneilit
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 07:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 12:44 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/450 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |