Thesis
Published
هقفلا ملعت جئاتن ىلع Modelling The Way ملعتلا ةقيرط ةيلاعف ن ياثلا مرلحا تانبلل روتنوك ملاسلا راد دهعبم نياثلا فصلا تابلاطل
Abstract
Materi Fiqih merupakan materi yang sangat penting untuk dipelajari, dipahami dan
diterapkan oleh peserta didik, karena materi fiqih membahas pokok-pokok hukum islam
berdasarkan al-Qur’an dan hadits. Nilai materi Fiqih kelas 2 pondok Modern Darussalam
Gontor Putri Kampus II masih menunujukan hasil belajar yang belum optimal, maka
peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan metode Modelling The Way.
Modelling the way adalah metode pembelajaran interaktif yang digunakan oleh pendidik
untuk merangsang keaktifan, keberanian dan kesemangatan belajar peserta didik. Dalam
rangka meningkatkan hasil belajar, peneliti mencoba untuk meneliti efektifitas metode
modelling the way terhadap hasil belajar siswa pada materi Fiqih kelas II G di pondok
Modern Darussalam Gontor Putri Kampus II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui nilai pre test kelas eksperimen
dan kelas kontrol (2) mengetahui nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol (3)
mengetahui efektifitas metode modeling the way terhadap hasil belajar Fiqih kelas 2 KMI
di pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif eksperimen dengan pendekatan
desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini santri kelas
2 pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, dengan jumlah sampel penelitian
sebanyak 40santri, menggunakan teknik Sample Random Sampling. terdiri dari 20 orang
kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Disini peneliti mengumpulkan data dengan
tes soal. Analisis data peneliti menggunakan rumus uji-u (Mann Whitney), dengan bantuan
SPSS 16.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan : (1) diketahui hasil rata-rata nilai pre test
kelas eksperimen 5,90 dan kelas kontrol 5,80, hasil ini menunjukan bahwa ke dua kelompok
memiliki kemampuan yang sama atau seimbang dibuktikan melalui hasil uji Mann
Whitney sebesar Sig. (2-tail ed) 883 > 0,05 (2) diketahui hasil rata-rata nilai post test kelas
eksperimenn 9,40 dan kelas kontrol 8, 15, hasil ini menunjukan adanya perbedaan yang
signifikan antara penggunaan metode modelling the way dengan konvensional dibuktikan
dengan hasil uji Mann Whitney sebesar Sig. (2-tailed)0,000 <0,05 (3) penggunaan metode
modelling the way terbukti efektif dalam pembelajaran Fiqih dengan perolehan nilai rumus
uji-u Mann Whitney sebesar Sig. (2-tailed)0,000 <0,05.
Berdasarkan kesimpulan peneliti mengajukan bebrapa saran bahwa : (1) Bagi
guru, untuk lebih berinovasi dalam menciptakan metode pembelajaran. Penerapan metode
modeling the way dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam proses pembelajaran
sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi fiqih,
umumnya pada materi pelajaran lain. (2) Bagi siswa, diharapkan untuk bersungguh
sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran, memperhatikan materi yang disampaikan
oleh guru, dan diharapkan agar siswa dapat mengulang materi pelajaran yang telah
dipelajari dirumah.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Agama Islam
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4 - Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 370 Pendidikan
23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
KeywordsModelling The Way, Efektifitas, Hasil Belajar Siswa, Materi Fiqih.
Item ID4736
Deposited19 Dec 2024 08:03