Dewi, Sundari (2025) Penerapan Permainan Roda Putar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 di MI Salafiyah Tanjungsari Ngawi Tahun Pelajaran 2024-2025 M. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Salafiyah Tanjung Ibtida’iyah sari, Jogorogo, Ngawi. Salah satu penyebab utama adalah penggunaan metode ceramah yang mendominasi dalam proses pembelajaran. Metode ini sering kali terasa monoton dan kurang efektif jika tidak diimbangi dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Akibatnya, sebagian siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran karena kurangnya variasi metode dan pendekatan dalam proses pembelajaran.Melalui penerapan permainan roda putar, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan. Penggunaan permainan sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta membantu pemahaman konsep Aqidah Akhlaq secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa melalui media pembelajaran Roda Putar pada materi Akidah Akhlaq pada kelas 4 di Madrasah “Salafiyah” Tanjung Ibtida’iyah sari Ngawi Tahun Ajaran 2024-2025 M. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas 4 dengan instrument penelitian berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Roda Putar mampu meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus satu dengan presentase 62,5% dan meningkat pada siklus dua dengan presentase 87,5%. Dan nilai keaktifan siswa pada siklus satu dengan presentase 57% dan meningkat pada siklus dua dengan presentase 88%. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memberikan beberapa saran: 1). Untuk murid harus bisa memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru dan aktif dalam pembelajaran dikelas. 2). Untuk guru untuk berupaya dalam memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran Roda Putar khususnya pada materi Akidah Akhlak. Dan menggunakan metode atau media yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan perhatian siswa dan keefektifan belajar, yang mampu menjadi faktor meningkatnya hasil belajar. 3). Kepada sekolah untuk menjadikan media pembelajaran seperti Roda Putar sebagai media yang dapat membantu mengembangkan minat peserta didik terhadap pelajaran khususnya Akidah Akhlak. 4). Untuk peneliti selanjutnya agak bisa mengembangkan media Roda Putar menjadi lebih menarik dan interaktif.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Additional Information: | SKRIPSI : SUNDARI FORTUNA DEWI NIM : 422021118148 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, Akidah Akhlaq, Media Pembelajaran Roda Putar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 45 Sundari Dewi |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:05 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5229 |
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |