Search for collections on UNIDA Gontor Repository

محاولات أولياء الفصول في ترقية مستوى اللغة العربية لطلبة الفصل الأول بكلية المعلمين الإسلامية معهد دار السلام کونتور للتربية الإسلامية الحديثة

Surur, Afifah (2011) محاولات أولياء الفصول في ترقية مستوى اللغة العربية لطلبة الفصل الأول بكلية المعلمين الإسلامية معهد دار السلام کونتور للتربية الإسلامية الحديثة. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Afifah Surur - PBA - 2011 - 28126870.pdf)
Afifah Surur - PBA - 2011 - 28126870.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (134MB)

Abstract

ABSTRAK Upaya-upaya Wali Kelas Dalam Meningkatkan Standar Bahasa Arab Siswa Kelas Satu Kulliyatu-I-Mu'allimin Al-Islamiyyyah Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran 1431-1432H. Aflah Surur 28.1.2.6870 Pondok Modern Darussalam Gontor adalah salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang menegakkan Pengajaran dan Pembelajaran dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan cara langsung. Yang mana para santri-santrinya menggunakan dua bahasa ini sebagai bahasa percakapan, muhadatsah di kehidupan mereka sehari-hari. Lembaga pendidikan ini menaruh perhatian yang sangat besar terhadap bahasa Arab, dan telah terbukti keberhasilannya dalam memproduk alumni-alumni yang mampu berbahasa Arab dan Inggris. Ini semua tidak lepas dari peran dan upaya para penggerak-penggerak bahasa yang ada di lembaga pendidikan ini. Santri-santri kelas satu Pondok Modern Darussalam Gontor terbilang masih lemah dalam kemampuan berbahasa arab, kebanyakan dari mereka berbicara bahasa Indonesia baik di dalam kelas maupun di luar kelas, begitu juga kebanyakan dari mereka salah dalam Pengucapan, penulisan dengan bahasa Arab. Maka, dari pada itu untuk meningkatkan bahasa Arab mereka harus dari upaya-upaya yang dilakukan dengan cara terusmenerus. Karena mampu tidaknya berbahasa Arab tergantung dengan metode pembelajaran dan upaya - upaya yang banyak dari para wali-wali kelas. Bertolak dari permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa Arab siswa kelas satu Kulliyatu-l- Mu'allimin Al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, serta upaya-upaya apa sajakah yang telah dilakukan para wali-wali kelas satu untuk meningkatkan bahasa Arab mereka. Jenis Penelitian ini adalah studi lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data-data, peneliti menggunakan tiga metode, yaitu: Dokumentasi, Observasi, dan Interview. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu data reduction, yang berarti peneliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yan penting, dicari tema dan polanya, data display (penyajian data) yaitu dengan uraian-uraian singkat dan conclution drawing/verification. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas satu Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor adalah dengan menggunakan metode langsung (direct method). 2. Upaya-upaya yang telah dilakukan para Wali-wali Kelas Satu adalah sebagai berikut: (a).Mengadakan latihan-latihan dan perbaikan. (b). Praktek berbicara dan penulisan. (c). Muhakat atau siswa mengulangi uslub-uslub dan kalimat-kalimat baru bahasa Arab dari wali kelas. (d). Menghafal kosa kata dan membuat kalimat sempurna. (e). Pengulangan terhadap materi yang lalu sebelum memulai pembelajaran. (f). Mewajibkan evaluasi lisan dan tulisan setelah pembelajaran dan pengajaran. (g). Menghafal sebagian judul-judul di dalam buku Thamrin Lughoh yang telah dipilih oleh wali kelas. (h). Mengajarkan uslubuslub ucapan selamat dan salam sebelum memulai pembelajaran.(i). Mengadakan percakapan di dalam kelas dan luar kelas.(j). Mengucapkan kalimat-kalimat bahasa arab dengan benar. (k). Mewajibkan siswa untuk membawa kamus di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti mengharapkan kepada seluruh wali-wali kelas satu dan guru-guru pengajar bahasa arab agar dapat meningkatkan bahasa arab para siswasiswanya khususnya siswa kelas satu, karena mereka adalah pemula dan harus di bentuk sebaik mungkin bahasa mereka, yaitu dengan memperhatikan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam pengajaran bahasa arab dan harus mencari upaya-upaya yang sesuai dengan keadaan siswa kelas satu.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 2024 Zaky Su'aidy
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:26
Last Modified: 20 Feb 2025 04:26
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/5553

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item