Afwan Hibatullah, Muhammad (2018) تحليل سلوك المستهلك في شراء الحاسوب المحمول نظرية المستهلكات الإسلامية. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
LPP_Afwan Hibatullah_EI8_Magelang_Halaman Kosong 4.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan dan kemajuan teknologi mengalami perubahan yang cukup signifikan pada kehidupan manusia termasuk dalam penggunaan komputer. Komputer menciptakan solusi dengan adanya notebook, kadang mereka tertarik dengan notebook tersebut karena untuk terlihat keren atau tidak ketinggalan jaman. Untuk mereka sendiri notebook tersebut paling mereka gunakan untuk bermain game atau menonton. Hal-hal seperti itulah yang sebenarnya menyimpang dari fungsi notebook yang sebenarnya yaitu untuk meringankan pekerjaan dan dalam Islam diajarkan untuk mengurangi kebutuhan yang berlebihan, Islam mengajarkan untuk memakai atau membeli sesuatu barang sesuai kebutuhan yang diperlukan saja.Universitas Darussalam Gontor merupakan sebuah Perguruan Tinggi Islam yang mengajarkan para mahasiswanya tentang keilmuan modern serta keilmuan Islam yang tetap berlandaskan pada prinsip keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian notebook pada mahasiswa UNIDA Kampus 6 Magelang.Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Guna pembahasan lebih mendalam sehingga dapat mencapai tujuan yang dimaksud, penulis juga berusaha mengumpulkan data-data baik primer maupun sekunder. Dalam mengumpulkan data-data tersebut penulis menggunakan Metode Observasi (Observation Method) untuk melihat, dan mendapatkan data yang diperlukan dengan cara mengamati secara seksama buku-buku, dan sumber data yang lain. Kemudian untuk mengumpulkan data selanjutnya penulis menggunakan Metode Wawancara (Interview Method). Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakanmetodedeskriptifanalisis.Metode deskriptifdigunakanuntukmendeskripsikanataumenggambarkandata-datayangterkait denganperilakukonsumenmahasiswagurudiPondok Modern Darussalam Kampus 6 Magelang yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yangberlakuuntukumumatau generalisasi.Dari hasil peneltian diatas, peneliti menyimpulkan bahwa perilaku konsumsi Mahasiswa UNIDA Kampus 6 Magelang. Pertama, pembelian notebook sesuai dengan konsep kebutuhan, kebutuhan untuk pekerjaan sehari-hari. Kedua, Maslahah untuk kegiatan yang beraktifitas dalam kehidupan masyarakat seperti membantu dalam kegiatan kemahasiswaan, memberikan fasilitas bagi siswa. Ketiga, manfaat yang diperoleh tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat, seperti menghafal doa, pengajian, dan pengingat sholat dan lain sebagainya. Keempat, mereka merawat dengan baik dan tidak berganti-ganti kecuali rusak. Peneliti menyimpulkan bahwa perilaku mahasiswa konsumsi Universitas Darussalam kampus 6 Magelang sesuai dengan perspektif konsumsi Islam. Tetapi masih ada beberapa yang belum sesuai seperti masih seringnya digunakan untuk menonton, bermain game dan melakukan hal yang tidak terlalu penting.Dengan penelitian yang jauh dari sempurna ini, diharapkan adanya penelitian yang lebih mendalam dan lebih sempurna. Dan semoga dengan adanya penelitian ini dapat memberi penjelasan dan dampak positif kepada Mahasiswa UNIDA Kampus 6 Magelang khususnya serta Mahasiswa kampus lain umumnya ataupun masyarakat Islam secara.Keyword : Perilaku konsumen, Konsumsi Islam
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 07:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:55 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/568 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |