Thesis
Published
Kurikulum di MTS dan MA Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo Jawa Timur Tahun Akademik 2002-2003 (Dasar Pemikiran dan Pelaksanaan)
Abstract
Kurikulum mempunyai kedudukan sentral di dalam seluruh proses
pendidikan, karena kurikulum mengarahkan setiap bentuk aktifitas pendidikan
untuk mencapai tujuan pendidikan. Sebagai sebuah sistem, kurikulum memiliki
landasan pokok dalam melaksanakan, membina, dan mengembangkan pendidikan.
Dan sebagai alat untuk mencapai tujuan, kurikulum memiliki komponen strategi
pelaksanaan kurikulum yang akan memberikan petunjuk bagaimana kurikulum itu
dilaksanakan di sekolah. Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo
adalah lembaga pendidikan Islam yang bernaung dibawah yayasan Al- Arham.
Adapun ciri khas yang membedakan Pesantren Putri Al-Mawaddah dengan
lembaga pendidikan Islam läinnya adalah dengan dimilikinya metode pendidikan
dan pengajaran yang merupakan sintesa dari kurikulum Departemen Agama dan
kurikulum Pondok Modern Gontor. Dengan penggabungan dua kurikulum
tersebut, apa yang menjadi dasar pemikiran dan bagaimana pelaksanaan
kurikulum tersebut dalam proses belajar mengajar di Pesantren Putri AlMawaddah Coper Jetis Ponorogo?
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Agama Islam
Subjects23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 200 Agama
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General)
Item ID5895
Deposited26 Feb 2025 14:17