Thesis
Unpublished
تنفيذ إستراتجية circ في مادة الإنشاء لترقية نتائج التعلم ونشاط الطلاب لصف الرابع أ بمعهد الأمانة الكونتوري تنجيرانج بنتان العام الدراسي ٢٠٢٤ - ٢٠٢٥ م
Abstract
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERSAMA TIPE CIRC (COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM PELAJARAN INSYA, UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 4 A DI
PONDOK PESANTREN AL-AMANAH AL-GONTORY TAHUN PELAJARAN 2024-2025 M
Muhammad Aqil Dafasyah
422021121076
Pondok pesantren Al-Amanah Al-Gontory merupakan lembaga pendidikan islam yang
terletak di Tangerang Selatan Banten, dengan menggabungkan kurikulum madrasah dari
kementrian agama dengan kurikulim pesantren dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Seperti hal
nya dalam pembelajaran Insya yang di ajarkan di Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Pondok
Pesantren al-Amanah Al-gontory juga menerapkan pembelajaran ini guna meningkatkan maharah
lughowiyah pada santrinya. Meski demikian terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran
dikelas dalam pembelajaran Insya. Seperti halnya yang peneliti temukan permasalahan
pembelajaran pada siswa kelas 4 A TMI di pondok pesantren Al-Amanah Al-Gontory mengalami
kesulitan yang sering kali menyebabkan rendahnya hasil belajar dan keaktifan santri dalam
pembelajaran insya’ serta berdampak pada hasil belajar mereka yang kurang memuaskan. Dalam
rangka meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Diperlukannya strategi pembelajaran efektif
dan efeisen, seperti strategi pembelajaran Bersama tipe CIRC (cooperative integrated reading and
composition).
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi CIRC dalam meningkatkan
hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran insya’ di kelas 4 A TMI pondok
pesantren al-amanah al-gontory tahun Pelajaran 2024-2025.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus untuk mengukur hasil belajar dan keaktifan siswa pada Pelajaran insya, dengan
subjek 35 siswa serta objek penelitian ini peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan data
yang diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Dengan setiap siklus memiliki
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) keaktifan belajar yang diperoleh siswa pada
siklus pertama rata-rata mencapai 74% dan pada siklus kedua 87%. 2)Sedangkan hasil belajar pada
siklus pertama 47% dan pada siklus kedua 71% siswa lulus. 3) bahwasanya penerapan strategi CIRC
telah mencapai peningkatan kesemangatan dan hasil belajar pada Pelajaran insya’.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti memberikan saran: 1) penelitian ini dapat
dijadikan refrensi dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif untuk menciptakan
lingkungan belajar yang efektif di pondok pesantren al-amanah al-gontory,Tangerang-selatan. 2)
para guru di pondok pesantren al-amanah al-gontory,Tangerang-selatan diharapkan menerapkan
strategi CIRC dengan menyesuaikan pembelajaran. 3) para peneliti di masa depan dapat melanjutkan
penelitian ini sebagai refrensi dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk
kemajuan dunia Pendidikan.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentPendidikan Bahasa Arab
Keywordsمهارة الكتابة ،نتائج التعلم ،النشاط، الانشاء، الاستراتجية
Item ID6050
Deposited27 Feb 2025 15:03