Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Penerapan Strategi Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswi KMI Kelas 2D Pada Materi Tarikh Islam di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2018/2019

Dewi Rahmawati, Annisa (2019) Penerapan Strategi Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswi KMI Kelas 2D Pada Materi Tarikh Islam di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2018/2019. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT
Annisa.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar yang baik adalah hasil belajar yang telah mencapai batas ketuntasan yang telah ditentukan, atau hasil yang telah mencapai target yang telah ditentukan. Adapun target tersebut ditentukan oleh guru pengajar. Namun bila kita kembali ke fenomena yang ada, banyak dari siswa yang belum mampu mencapai nilai yang telah ditargetkan, sehingga banyak yang kurang memahami dan menguasai pelajanan Tarikh Islam. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1.untuk menjelaskan dan meningkatan keaktifan belajar siswi KMI kelas 2D pada mata pelajaran Tarikh Islam, 2. untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswi KMI kelas 2B pada mata pelajaran Tarikh Islam. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3. Sampel yang diambil sejumlah 37 siswi yang merupakan siswi KMI kelas 2D tahun ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan 2 siklus, yang meliputi; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan batas penilitian kesemangatan siswi dan hasil belajar siswi, dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 6. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa dengan 1. menerapkan metode Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar dan 2. keaktifan siswi dan belajar. Pada siklus pertama hasil belajar siswi mencapai 43%, lalu mengalami peningkatan pada siklus kedua yaitu 89%. Adapun keaktifan siswi dalam belajar pada siklus pertama mencapai 61% dan mengalami peningkatan pada siklus kedua yaitu74%. Dengan demikian peneliti berharap kepada segenap dewan guru untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dalam proses belajar mengajar, pada mata pelajaran yang diajarkan.

Item Type: Thesis ( D4 Diploma )
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 23:18
Last Modified: 03 Oct 2024 02:57
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/660

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item