Thesis
Published
Penerapan Strategi Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswi KMI Kelas 2D Pada Materi Tarikh Islam di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Hasil belajar yang baik adalah hasil belajar yang telah mencapai batas
ketuntasan yang telah ditentukan, atau hasil yang telah mencapai target yang
telah ditentukan. Adapun target tersebut ditentukan oleh guru pengajar. Namun
bila kita kembali ke fenomena yang ada, banyak dari siswa yang belum mampu
mencapai nilai yang telah ditargetkan, sehingga banyak yang kurang memahami
dan menguasai pelajanan Tarikh Islam.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1.untuk menjelaskan dan
meningkatan keaktifan belajar siswi KMI kelas 2D pada mata pelajaran Tarikh
Islam, 2. untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswi KMI kelas 2B pada
mata pelajaran Tarikh Islam.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3. Sampel yang diambil
sejumlah 37 siswi yang merupakan siswi KMI kelas 2D tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan 2 siklus, yang meliputi;
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan batas penilitian
kesemangatan siswi dan hasil belajar siswi, dengan KKM yang telah ditentukan
yaitu 6.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa dengan 1. menerapkan metode
Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar dan 2. keaktifan siswi dan
belajar. Pada siklus pertama hasil belajar siswi mencapai 43%, lalu mengalami
peningkatan pada siklus kedua yaitu 89%. Adapun keaktifan siswi dalam belajar
pada siklus pertama mencapai 61% dan mengalami peningkatan pada siklus kedua
yaitu74%. Dengan demikian peneliti berharap kepada segenap dewan guru untuk
dapat menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dalam proses belajar mengajar,
pada mata pelajaran yang diajarkan.
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID660
Deposited04 Nov 2020 23:18