Muhammad, Rayhan Azra (2025) Rancang Bangun Media Ajar iqro' Jilid 2 Interaktif berbasis Teknologi Augmented Reality. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi, khususnya Augmented Reality (AR), membuka peluang besar dalam pendidikan, termasuk pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqro’. Observasi di TPQ Al-Amin Brahu Ponorogo menunjukkan kendala seperti benturan jadwal, kelelahan siswa, dan minimnya dukungan orang tua. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi berbasis Android dengan teknologi AR untuk Iqro’ Jilid 2, guna meningkatkan motivasi dan efektivitas belajar. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Metode Waterfall yang merupakan salah satu metode dalam Software Development Life Cycle (SDLC) yang bersifat linear dan berurutan. Hasil penelitian, aplikasi AR-Iqro memperoleh kategori Sangat Baik dengan tingkat kepuasan sebesar 96% dalam pengujian materi pembelajaran. Hasil pengujian media yang telah dilakukan menunjukkan bahwa antarmuka pengguna (UI) pada aplikasi AR-Iqro telah sesuai dengan prinsip-prinsip user experience (UX). Selain itu, tampilan serta tata letak tombol interaksi telah dirancang sesuai dengan tujuan penggunaan aplikasi AR-Iqro. dan pengujian media pada aplikasi memperoleh nilai Sangat Baik dengan persentase sebesar 96%. aplikasi Augmented Reality yang dikembangkan memperoleh respons sangat positif dari pengguna. Dengan rata-rata penilaian sebesar 97%, mayoritas pengguna menilai bahwa aplikasi ini mudah digunakan, memiliki tampilan tiga dimensi yang jelas, serta menyediakan navigasi yang intuitif dan lancar, sehingga memperoleh predikat Sangat Baik. kesimpulannya menunjukkan bahwa aplikasi Iqro’ jilid 2 mendapatkan tanggapan yang positif dari pengguna, memperoleh kategori sangat baik dalam pengujian materi pembelajaran dan dalam pengujian media juga mendapatkan kategori sangat baik Dengan hasil tersebut, aplikasi AR-Iqro telah memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang layak digunakan.
Statistics Downloads of this Document

![]() |
View Item |