Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Rancang Bangun Media Ajar iqro' Jilid 2 Interaktif berbasis Teknologi Augmented Reality

Muhammad, Rayhan Azra (2025) Rancang Bangun Media Ajar iqro' Jilid 2 Interaktif berbasis Teknologi Augmented Reality. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Cover)
1_COVER + LEMBARAN.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (639kB)
[img] FILE TEXT (Abstrak)
2_ABSRTAK.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (330kB)
[img] FILE TEXT (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (331kB)
[img] FILE TEXT (Bab 1)
4_BAB 1.pdf - Submitted Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (432kB)
[img] FILE TEXT (Bab 2)
5_BAB 2.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (409kB)
[img] FILE TEXT (Bab 3)
6_BAB 3.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (981kB)
[img] FILE TEXT (Bab 4)
7_BAB 4.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (610kB)
[img] FILE TEXT (Bab 5)
8_BAB 5.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (313kB)
[img] FILE TEXT (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (385kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi, khususnya Augmented Reality (AR), membuka peluang besar dalam pendidikan, termasuk pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqro’. Observasi di TPQ Al-Amin Brahu Ponorogo menunjukkan kendala seperti benturan jadwal, kelelahan siswa, dan minimnya dukungan orang tua. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi berbasis Android dengan teknologi AR untuk Iqro’ Jilid 2, guna meningkatkan motivasi dan efektivitas belajar. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Metode Waterfall yang merupakan salah satu metode dalam Software Development Life Cycle (SDLC) yang bersifat linear dan berurutan. Hasil penelitian, aplikasi AR-Iqro memperoleh kategori Sangat Baik dengan tingkat kepuasan sebesar 96% dalam pengujian materi pembelajaran. Hasil pengujian media yang telah dilakukan menunjukkan bahwa antarmuka pengguna (UI) pada aplikasi AR-Iqro telah sesuai dengan prinsip-prinsip user experience (UX). Selain itu, tampilan serta tata letak tombol interaksi telah dirancang sesuai dengan tujuan penggunaan aplikasi AR-Iqro. dan pengujian media pada aplikasi memperoleh nilai Sangat Baik dengan persentase sebesar 96%. aplikasi Augmented Reality yang dikembangkan memperoleh respons sangat positif dari pengguna. Dengan rata-rata penilaian sebesar 97%, mayoritas pengguna menilai bahwa aplikasi ini mudah digunakan, memiliki tampilan tiga dimensi yang jelas, serta menyediakan navigasi yang intuitif dan lancar, sehingga memperoleh predikat Sangat Baik. kesimpulannya menunjukkan bahwa aplikasi Iqro’ jilid 2 mendapatkan tanggapan yang positif dari pengguna, memperoleh kategori sangat baik dalam pengujian materi pembelajaran dan dalam pengujian media juga mendapatkan kategori sangat baik Dengan hasil tersebut, aplikasi AR-Iqro telah memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang layak digunakan.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Additional Information: Skripsi : Rayhan Azra Muhammad Nim : 402019611027
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Iqro’, Smartphone, Metode Waterfall
Subjects: Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum

Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 - Pemrograman komputer, program dan data
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 - Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 - Pemrograman komputer, program dan data

23rd Dewey Decimal Classification > 2X1 - Al-Qur'an dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1 - Al-Qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor > Teknik Informatika
Depositing User: 2019 Rayhan Azra Muhammad
Date Deposited: 08 Mar 2025 09:07
Last Modified: 08 Mar 2025 09:16
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/6746

Statistics Downloads of this Document

Loading...
Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item