Journal Article Published

Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Tussifah, Hamidah
Abstract
Di era digital banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ulang di pasar perjalanan online, karenanya business ditantang untuk dapat terus mempelajari pasar dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana harga dan kualitas layanan mempengaruhi keputusan pembelian ulang di platform Traveloka, dengan kepuasan konsumen sebagai faktor penengah, di Universitas Darussalam Gontor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 114 responden melalui purposive sampling dengan syarat telah melakukan lebih dari satu transaksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas layanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, harga dan kepuasan konsumen juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Meskipun kualitas layanan berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak berperan sebagai variabel intervening antara harga dan keputusan pembelian ulang, serta antara kualitas layanan dan keputusan pembelian ulang.
Publication Details
JournalJurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Volume21 (2)
Pagespp. 114-132
ISSN1829-8680
KeywordsCustomer Satisfaction, Intervening Variable, Price, Repurchase Decision, Service Quality
Item ID6795
Deposited11 Mar 2025 06:10
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics